Breaking News:

Prabowo Bentuk Detasemen Kawal Khusus Kemenhan, DPR Tak Tahu Apa Itu?  

DPR RI minta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjelaskan rencana membentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 

Prabowo Bentuk Detasemen Kawal Khusus Kemenhan, DPR Tak Tahu Apa Itu?

 
TRIBUNJAMBI.COM-Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berencana membentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Anggota Komisi I DPR RI, Syaifullah Tamliha meminta Prabowo menjelaskan utuh rencananya tersebut.

Tamliha mengatakan penjelasan perlu dilakukan setelah reses di DPR agar semua anggota Komisi I mendapatkan gambaran lengkap terkait Denwalsus Kemenhan tersebut.

“Agar kami bisa mendapatkan gambaran secara utuh dan komprehensif,” kata Tamliha kepada Kompas.com, Minggu (11/4/2021).

Menurut Tamliha penjelasan harus meliputi dengan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) serta sumber anggaran dari Denwalsus Kemenhan.

Baca juga: MENOHOK! Farhat Abbas Kritik Jokowi, Prabowo Hingga Ketua MPR yang Datangi Pernikahan Atta dan Aurel

Ia mengatakan, dari penjelasan tersebut, jangan sampai ada tumpang tindih dalam detasemen yang sudah terbentuk di unit organisasi (UO) Angkatan Darat, Laut, dan Udara.

“Menghindari tumpang tindih terhadap detasemen lain yang sudah terbentuk pada unit organisasi (UO) Angkatan Darat, Laut dan Udara,” ucapnya.

Sebelumnya, Menhan Prabowo Subianto membentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kemenhan. Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Denwalsus tersebut bertugas mengawal para tamu militer Kemenhan.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)

"Sejak lama (Denwalsus) sudah ada di bawah kendali Mabes TNI yang ditugaskan di Kemenhan RI. Hanya saja, memang dilakukan penyegaran personelnya," kata Dahnil saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (10/4/2021).

Dahnil mengatakan, Prabowo meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto agar menyediakan personel-personel yang secara fisik sempurna untuk Denwalsus karena akan menjadi tampilan depan dalam setiap upacara penyambutan tamu-tamu Kemenhan.

"Makanya Pak Menhan memberikan perhatian khusus terkait hal ini, karena menjadi salah satu simbol wibawa kita sebagai bangsa dan negara," ujarnya.

Lebih lanjut, Dahnil mengatakan, Denwalsus ini berjumlah sekitar 100 orang lebih. "Ada sekitar 100 orang anggota," tutur Dahnil.

Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved