Breaking News:

Makin Berani, Drone China Keliaran di Pulau Taiwan Dekat Laut China Selatan

Lee Chung-wei, Kepala Dewan Urusan Kelautan Penjaga Pantai Taiwan, mengatakan, mereka baru-baru ini melihat pesawat tak berawak China mengelilingi Pra

REUTERS/Pichi Chuang
ILUSTRASI. Jet tempur F-16 Angkatan Udara Taiwan terbang selama demonstrasi di Pangkalan Udara Hualien, Taiwan, 23 Januari 2013. 

TRIBUNJAMBI.COM, TAIPEI - Taiwan melihat drone China mengitari Kepulauan Pratas yang mereka kuasai di Laut China Selatan, dan siap menembak jatuh jika pesawat nirawak itu menyimpang terlalu dekat wilayah itu.

Tentu, langkah Taiwan tersebut secara dramatis dapat meningkatkan ketegangan dengan China.

Lee Chung-wei, Kepala Dewan Urusan Kelautan Penjaga Pantai Taiwan, mengatakan, mereka baru-baru ini melihat pesawat tak berawak China mengelilingi Pratas, meskipun belum terbang di atas gugusan pulau itu.

"Mereka tidak pernah memasuki perairan dan wilayah udara kami, mereka hanya terbang di sekitar Pratas pada jarak tertentu," kata dia saat berbicara di Parlemen Taiwan, Rabu (7/4), seperti dikutip Reuters.

Sementara China tidak mengakui klaim kedaulatan Taiwan, pesawat tempur dan kapal perang mereka umumnya berada di luar zona terlarang Taiwan, yang membentang 6 km dari pantai negeri tembok raksasa.

Pembacokan Pemuda di Batanghari Sudah Direncanakan, Warga Batin XXIV Diminta Jangan Ada Aksi Balasan

Baca juga: Cara Mendapatkan Rp 10 Juta dari KUR Super Mikro BNI Bagi Alumni Kartu Prakerja

Siap tembak jatuh

Ditanya tentang bagaimana Penjaga Pantai akan bereaksi jika drone China memasuki zona terlarang Taiwan di Kepulauan Pratas, Lee menyatakan, mereka memiliki aturan untuk bertindak.

"Setelah masuk, (drone) itu akan ditangani (Penjaga Pantai Taiwan) sesuai aturan. Kalau perlu ditembak, kami tembak," tegasnya.

Kepulauan Pratas terletak di ujung atas jalur air yang disengketakan, dan telah menjadi sumber intrik yang relatif baru antara Taiwan dan China.

Dalam beberapa bulan terakhir, Taiwan telah mengeluhkan aktivitas Angkatan Udara China yang berulang di dekat pulau-pulau itu, yang hanya dijaga oleh Penjaga Pantai Taiwan meskipun ada pengerahan marinir secara berkala.

Halaman
12
Editor: Suci Rahayu PK
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved