Breaking News:

Berita Tebo

Tokoh Masyarakat: Tak Untungkan Masyarakat, Rencana Tambang Batubara di Muara Kilis Harus Ditolak

Najib mengatakan, secara pribadi mendukung investasi yang dilakukan di desa tersebut. Namun harus memperhatikan keuntungan masyarakat dan dampak lingk

tribunjambi/hendro herlambang
SAD yang bermukim di Kabupaten Tebo  bersama Ketua Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK) Tebo, Ahmad Firdaus 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARATEBO - Tokoh masyarakat Desa Muara Kilis, Kacamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Najib angkat bicara soal rencana kegiatan pertambangan batubara di wilayah desanya.

Najib mengatakan, secara pribadi mendukung investasi yang dilakukan di desa tersebut. Namun harus memperhatikan keuntungan masyarakat dan dampak lingkungan sekitar.

"Keuntungan bagi masyarakat apa, trus solusi dampak lingkungannya seperti apa. Ini harus dijelaskan dahulu," kata Najib, (7/4/2021).

Menurut mantan anggota DPRD Tebo dari partai Gerindra ini, masyarakat yang telah bermukim dan berkebun di area izin perusahaan harus dilibatkan.

"Lahan yang sudah dikelola masyarakat jangan digusur dengan pola ganti rugi. Tapi ajak masyarakat kerja sama atau bagi hasil. Ini yang namanya saling menguntungkan," ujarnya.

Pasca adanya tambang kata dia, pihak perusahaan harus memenuhi tanggungjawabnya, yakni melakukan reklamasi. Selanjutnya mengembalikan lahan tersebut ke masyarakat.

"Ini harus dibuat kesepakatan yang jelas dan melibatkan pemerintah, mulai dari kesepakan bagi hasil, reklamasi sampai mengembalikan kembali lahan tersebut kepada masyarakat. Tujuannya untuk antisipasi jangan sampai dipertengahan jalan ada yang melanggar kesepakatan," ungkapnya.

Sebagai informasi, ada dua perusahaan tambang yang berencana melakukan kegiatan pertambangan batubara di Desa Muara Kilis, Kecamatan Tebo Tengah, PT Bangun Energi Perkasa dan PT batanghari Energi Prima.

Rencana kegiatan pertambangan dua perusahaan tersebut mendapat penolakan dari kepala desa, dan Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di wilayah desa tersebut.

Baca juga: Rukyatul Hilal di Jambi Dilaksanakan Tanggal 12 April 2021

Baca juga: VIDEO Premium Ditiadakan, Ini Harga Pertalite di Jambi Jadi Lebih Murah

Baca juga: Lihat Istrinya Lagi Begini di Mobil yang Terparkir di Perpustakaan, Seketika Hati Sang Suami Hancur

Penulis: HR Hendro Sandi
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved