Breaking News:

Nilai Ekspor Jambi Turun sebesar 6,81 Persen, Ini Penyebabnya

Kegiatan ekspor pada Bulan Februari 2021 melalui Pelabuhan di Jambi sebesar US$ 64,94 juta dengan rincian komoditi asal Jambi US$ 62,24 juta dan komod

ist
Toto Abdul Fattah, Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada bulan Februari 2021 turun sebesar 6,81 persen dibandingkan bulan sebelumnya yaitu dari US$ 169,63 juta pada bulan Januari 2021 menjadi US$ 158,07 juta pada bulan Februari 2021.

Toto Abdul Fattah, Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Provinsi Jambi mengatakan, nilai ekspor Provinsi Jambi alami penurunan pada Bulan Februari dikarenakan beberapa komoditi.

“Penyebab utama turunnya nilai ekspor Provinsi Jambi bulan Februari 2021 adalah turunnya ekspor pada komoditi kopi, teh, dan rempah, komoditi minyak nabati, komoditi arang, komoditi pulp dan kertas, serta komoditi migas,” ujarnya.

Lanjutnya, Nilai ekspor sampai bulan Februari 2021 yaitu sebesar US$ 327,70 juta, lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020, yaitu turun sebesar 10,35 persen.

“Kontribusi terbesar terhadap total ekspor di Jambi adalah ekspor kelompok Pertambangan yaitu sebesar 51,72 persen, diikuti Kelompok Industri sebesar 37,80 persen, dan Kelompok Pertanian sebesar 10,48 persen,” jelasnya.

Bila dirinci menurut komoditi, Kelompok Industri didominasi oleh karet dan olahannya yang memberikan kontribusi mencapai 24,36 persen. Penyumbang kontribusi terbesar dari Kelompok Pertambangan yaitu minyak dan gas yang mencapai 48,99 persen. Sedangkan dari Kelompok Pertanian, komoditi pinang memiliki sumbangan 8,25 persen.

“Secara umum nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada Bulan Februari 2021 ke beberapa negara utama mengalami penurunan,” katanya.

Ekspor Jambi yang mengalami penurunan adalah ke Singapura, Malaysia, Jerman, Inggris, Jepang, dan Amerika Serikat.

Sedangkan pergerakan naiknya nilai ekspor dapat diamati ke negara Thailand, Cina, India, Australia, Korea Selatan, dan Taiwan.

Sampai dengan Bulan Februari 2021 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa sebagian besar transaksi ekspor mengalami penurunan.

Namun demikian, ada beberapa transaksi ekspor ke berbagai negara mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi pada ekspor ke Thailand dan Jepang.

“Kegiatan ekspor Jambi dilakukan melalui Pelabuhan di Jambi dan Pelabuhan di luar Jambi,” ucapnya.

Kegiatan ekspor pada Bulan Februari 2021 melalui Pelabuhan di Jambi sebesar US$ 64,94 juta dengan rincian komoditi asal Jambi US$ 62,24 juta dan komoditi yang berasal dari luar Jambi sebesar US$ 2,70 juta.

Sedangkan ekspor Provinsi Jambi yang melewati pelabuhan di luar Jambi mencapai US$ 95,84 juta.

“Total ekspor asal Jambi sampai dengan Bulan Februari 2021 yang melalui pelabuhan di Jambi sebesar 39,70 persen dan yang melalui pelabuhan luar Jambi sebesar 60,30 persen,” pungkasnya.

Baca juga: Seo Ji Hye dan Kim Jung Hyun Pemeran Crash Landing on You Dikabarkan Berkencan, Agensi Menyangkal

Baca juga: Bulog Siapkan 25 Ton Daging Beku Jelang Ramadhan di Sarolangun

Baca juga: Warung Saksi Pilkades Pentagen Kerinci Ludes Terbakar, Diduga Sengaja Dibakar OTK

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved