Breaking News:

Kajati Jambi Pimpin Sosialisasi Rapat Koordinasi Intelijen Penegakan Hukum

Herman Dekristo berpesan agar dapat bersinergi dalam penegakan hukum maka perlu dilakukan aksi nyata

Istimewa
Kajati Jambi Pimpin Sosialisasi Rapat Koordinasi Intelijen Penegakan Hukum 

Kajati Jambi Pimpin Sosialisasi Rapat Koordinasi Intelijen Penegakan Hukum

JAMBI - Kejaksaan Tinggi Jambi menggelar Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Intelijen Penegakan Hukum. Sosialisasi dipimpin langsung oleh Plt. Kajati Jambi, Dr. Hermon Dekristo, SH. MH, Kamis (8/4).
Dalam rapat koordinasi kali ini secara khusus akan me-refresh kembali tugas-tugas dan wewenang di bidang Intelijen yang semakin esensial dalam era revolusi industri 4.0 saat dan dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman yang dihadapi lembaga maupun negara terutama di bidang penegakan hukum sesuai dengan UU No. 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara.

“Hal ini tentunya akan semakin memperkuat kelembagaan Intelijen Kejaksaan sebagai intelijen penegakan hukum. Dengan kata lain kondisi tersebut disatu sisi dapat memberikan kekuatan pendorong (driving force) sekaligus menghilangkan ego sektoral maupun tumpang tindih kewenangan terutama kewenangan yang menyangkut penyelidikan antar bidang-bidang di internal Kejaksaan, sehingga terjadi sinergitas antara Intelijen Kejaksaan sebagai intelijen penegakan hukum dengan bidang lainnya bahkan dengan instansi eksternal dalam hal ini Pemerintah Daerah, instansi vertikal dan stake holder lainnya,” papar Plt Kajati.

Hermon Dekristo mengajak seluruh Penyidik Pegawai Negeri Sipil menjalankan tugas dan kewenangan selaku PPNS yang mana muara dari penegakan hukum di tingkat penyidikan adalah Jaksa Penuntut Umum atau dalam bahasa hukumnya disebut Dominus Litis.

“Peran aktif warga lembaga kejaksaan dapat diwujudkan dengan memberikan masukan-masukan kepada pemerintah, khususnya di bidang hukum. Hal ini bisa kita lakukan oleh bidang Intelijen dan Perdata Tata Usaha Negara dan ini merupakan bagian dari Pencegahan (Preventif). Sedangkan bidang lain seperti Tindak Pidana Umum dan Tindak Pidana Khusus berperan sebagai Penuntut Umum atas perkara pidana dan merupakan bagian dari upaya represif,” lanjutnya.

Terakhir, Herman Dekristo berpesan agar dapat bersinergi dalam penegakan hukum maka perlu dilakukan aksi nyata berupa sosialisasi, konsolidasi dan koordinasi antar Penyidik Pegawai Negeri Sipil.
“Semoga apa yang kita lakukan pagi ini dapat bermanfaat dan menjadi berkah sehingga dapat terwujud penegakan hukum yang berkeadilan dan masyarakat jambi yang sejahtera,” tutupnya.

Baca juga: Lezatnya Mie Aceh Buatan UMKM Yus Mie Aceh yang Berlokasi di Simpang Rimbo

Ternyata Kado Ini yang Diberikan Presiden Jokowi ke Nikahan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar

Baca juga: Wisata Kuliner Jambi, Inilah Daftar 8 Restoran Korea yang Menyajikan Makanan Korea di Kota Jambi

Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved