Breaking News:

UMKM Jambi

Sukses Bisnis Hidroponik, Sandy’s Farm Hydroponic Kembangkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pertanian

Rencananya setiap hasil panen dari warga akan ditampung oleh Sandi, namun jika warga ada yang mempunyai pelanggan sendiri dia juga tidak keberatan.

Tribunjambi/Yon
Sandy’s Farm Hydroponic 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Sandy’s Farm Hydroponic milik Sandi bisa dikatakan sukses dalam menyuplai makanan sehat untuk warga Kota Jambi.

Bahkan dia sampai kewalahan menyuplai pakcoy ke JPM Jamtos, sehingga perlu bergabung ke komunitas Adipura Hydroponic.

Selain itu, produk hortikultura lainya seperti selada, sawi, kangkung dan yang lainya juga sudah mampu hadir di beberapa resto dan rumah makan yang ada di Jambi.

Sandi sendiri bisa dikatakan cukup cerdik dalam menciptakan sistem pemasaran dan manajemen produksi yang baik, sehingga produknya selalu laku di pasaran.

Idenya tersebut juga berdampak semakin besarnya pertanian hydroponic miliknya, yang kini telah memiliki 5.000 lubang tanam.

Sandi mengatakan ke depan dia akan membuat dua terobosan lagi, mulai dari satu rumah satu instalasi hydroponic sampai aplikasi belanja sayuran online untuk warga yang tidak sempat keluar rumah.

“Ide ini semakin dekat untuk terealisasikan semenjak saya bergabung dengan komunitas Usaha Mandiri Pujakesuma,” Ujarnya beberapa hari yang lalu.

Ide untuk membuat satu rumah satu instalasi hydroponic di latar belakangi oleh banyaknya permintaan akan produk sayuran yang sehat dan bebas pestisida di Jambi.

Di satu sisi Sandi juga ingin mengembangkan ekonomi kerakyatan di masa sulit saat ini, dimana corona masih menjadi momok bagi masyarakat.

Idenya tersebut disambut dengan baik oleh Yudira ketua Usaha Mandiri Pujakesuma dengan mensosialisasikan ke pemerintahan daerah dan beberapa pihak terkait.

Kedepanya mereka berencana untuk menjadikan warga perumahan di Rt 52 Kenali Asam Bawah Kota Baru Jambi sebagai pilot projek.

Bukan hanya menumbuhkan produktivitas masyarakat, Sandi dan Tim dari pujakesuma juga memikirkan strategi pemasaran.

Rencananya setiap hasil panen dari warga akan ditampung oleh Sandi, namun jika warga ada yang mempunyai pelanggan sendiri dia juga tidak keberatan.

Untuk memasarkan produk tersebut dia berencana membuat Aplikasi belanja khusus sayuran yang dikelola dengan sistem delivery.

Namun karena biayanya terlalu besar untuk sementara dia akan memanfaatkan aplikasi instagram dalam memasarkan produknya.

Baca juga: Pria Paruh Baya Pamer Alat Vital dan Masturbasi di Tempat Umum, Korban Jijik Langsung Lapor Polisi

Baca juga: Akibat Tersambar Petir Server Dukcapil Tanjabtim Rusak, Pelayanan Ditutup Beberapa Hari

Baca juga: Lowongan Kerja Jambi 7 April 2021 Lengkap dengan Info Gaji

Penulis: M Yon Rinaldi
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved