Breaking News:

Berita Bisnis

Pakar Ekonomi Haryadi Sebut Harga BBM Murah Efektif Menggairahkan Ekonomi Untuk Jangka Pendek

Dalam mewujudkan kualitas udara bersih dan sehat, Pertamina luncurkan Program Langit Biru (PLB) dan didukung oleh Pemerintah Kota Jambi.

istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dalam mewujudkan kualitas udara bersih dan sehat, Pertamina luncurkan Program Langit Biru (PLB) dan didukung oleh Pemerintah Kota Jambi.

Adapun tahapan pelaksanaan program dengan memberikan harga khusus dari harga normal untuk BBM jenis Pertalite. Tahap 1, hemat Rp1.400 selama 2 bulan (Pertalite dihargai Rp6.450 per liter). Tahap 2, hemat Rp1.000 selama 2 bulan (Pertalite dihargai Rp6.850 per liter). Tahap 3, hemat Rp600 selama 2 bulan (Pertalite dihargai Rp7.250 per liter), dan bulan ke-7 Pertalite dijual dengan harga normal yaitu Rp7.850.

Menurut Pakar ekonomi, Prof. Dr. H. Haryadi, SE., M.M.S., Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Jambi mengatakan, pelaksanaan Program Langit Biru untuk lingkungan yang sehat. PLB ini tentunya berdampak akan pada Ekonomi, karena masyarakat juga terbantu karena harga BBM Pertalite yang turun dalam jangka pendek.

“PLB ini bisa dikatakan efektif untuk lebih menggairahkan ekonomi secara jangka pendek,” ujarnya melalui sambungan telepon, Selasa (6/4/2021).

Lanjutnya, harga BBM Pertalite yang turun akan ada pengaruh secara tidak langsung seperti menarik minat masyarakat untuk membeli motor.

“Karena harga BBM murah, bisa mendorong masyarakat untuk membeli motor. Karena biaya beban lebih irit,” ucapnya.

Selain itu, Imbasnya harga BBM turun seharusnya biaya transportasi turun dan idealnya harga barang juga akan turun, namun harga BBM ini hanya berlaku jangka pendek.

Untuk dampak lainnya kemungkinan akan terjadi penimbunan BBM oleh masyarakat karena harga minyak yang murah dan hanya berlaku dalam jangka pendek.

Dan informasinya pada bulan ke tujuh harga akan normal kembali.

“Jika harganya normal atau malah akan lebih tinggi dari sebelumnnya otomatis ekonomi akan lesu dan membuat masyarakat gelisah,” katanya.

“Program ini untuk jangka pendek cukup efektif tapi untuk jangka panjang harus ada kebijakan-kebijakan yang menopang,” pungkasnya. (Tribunjambi/Vira Ramadhani)

Baca berita lain terkait harga BBM

Baca juga: Jadwal Imsakiyah Kota Jambi 2021 Lengkap dengan Niat Puasa Ramadhan 1442 Hijriah dan Sholat Tarawih

Baca juga: Dokter Boyke Datangi Rumah Raffi Ahmad, Nagita Slavina Lagi Hamil? Bahas Soal Kesuburan Gigi

Baca juga: Polisi Tak Main-main Menindak Pelaku Ilegal Driling Bajubang, Puluhan Hari Sterilkan Sumur Minyak

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved