Breaking News:

Berita Kota Jambi

Penumpang Akali Larangan Mudik dengan Pulang Kampung Lebih Awal, Terminal Alam Barajo Mulai Ramai

Adanya larangan mudik lebaran tahun ini diakali masyarakat pulang kampung lebih dahulu supaya tetap tetap bisa berlebaran

TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
Ada Larangan Mudik Lebaran, Penumpang Pulang Kampung Lebih Awal Melalui Terminal Alam Barajo Kota Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Adanya larangan mudik lebaran tahun ini diakali masyarakat pulang kampung lebih dahulu supaya tetap tetap bisa berlebaran di kampung halaman.

Itu terlihat dari adanya peningkatan jumlah penumpang di terminal Tipe A Alam Barajo Kota Jambi sejak beberapa hari terakhir dibanding hari-hari biasanya.

Koodinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) terminal Alam Barajo, Ibrahim menyebut sudah terjadi peningkatan arus lalulintas penumpang di Terminal Tipe A Kota Jambi tersebut. Ada indikasi strategi penumpang pulang kampung lebih awal sebelum arus mudik lebaran.

Data dari pihak Terminal Alam Barajo pertanggal 1- 4 April 2021 ini, kendaraan yang datang sebanyak 12 bus dengan jumlah penumpang 98 orang. Peningkatan cukup signifikan pada keberangkatan dari Jambi menuju Pulau Jawa dan Provinsi lain yakni sebanyak 27 bus dengan jumlah penumpang sebanyak 724 orang.

"Kalau dilihat hari-hari biasa itu paling banyak berangkat itu hanya 10 bus dengan jumlah penumpang sekitar 90an," ungkapnya.

Dikatakan Ibrahim, ini ada indikasi strategi penumpang mengantisipasi larangan mudik lebaran. Namun menurutnya ini belum dikategorikan melanggar karena belum adanya batasan aturan larangan mudik yang akan diperketat pada tanggal 6-17 Mei nantinya.

"Yang kita pantau penumpang ini merupakan buruh-buruh perkebunan atau pekerja perusahaan yang dari jawa yang pulang lebih awal karena menyelesaikan pekerjaanya lebih awal," jelasnya.

Pihak terminal Alam Barajo atau Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah V Jambi sendiri kata Ibrahim saat ini masih menunggu petunjuk teknis dari Kemetrian Perhubungan terkait pelaksanaan kebijakan larangan mudik lebaran ini. 

"Sampai saat ini belum ada petunjuk teknis yang dikeluarkan Dirjen perhubungan darat. Namun kita tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 terhadap penumpang yang datang maupun berangkat diterminal," pungkasnya. 

Baca berita lain tentang larangan mudik

Baca juga: Momen Bahagia dan Sedih Ririn di Judo, Semangat saat Event Nasional Kembali Digelar

Baca juga: Pasar Beduk di Merangin Belum Dipastikan, Ladani: Belum ada Arahan

Baca juga: Terdakwa Kasus Pembajakan Film Keluarga Cemara Tunggu Tuntutan JPU 

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved