Breaking News:

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Siklon Tropis Seroja Dini Hari Ini, Kecepatan Pusarannya 85 km/jam

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam konferensi pers tersebut menjelaskan mengenai siklon tropis yang dinamai siklon tropis  seroja.

TRIBUN JAMBI/IST
tangkap layaran peringatan BMKG mengenai siklon tropis seroja 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam konferensi pers tersebut menjelaskan mengenai siklon tropis yang dinamai siklon tropis  seroja.

TRIBUNJAMBI.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia.

Bahkan, Minggu (4/4) malam BMKG menggelar konferensi virtual melalui Zoom untuk menyampaikan informasi tersebut.

“Lahirnya bibit siklon tropis di wilayah indonesia pada malam ini dan antisipasi dampak yg bisa ditimbulkan terkait potensi bencana hidrometeorologi di wilayah terdampak" Begitu isi undangan konferensi pers yang diterima Tribun Jambi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam konferensi pers tersebut menjelaskan mengenai siklon tropis yang dinamai siklon tropis  seroja.

 “Kecepatan angin pada pusarannya mencapai 85 km/jam. Tapi bergerak meninggalkan Indonesia lambat. Jadi ini yang perlu diwaspadai,” kata Dwikorita Karnawati.

Dampak siklon tropis  seroja lebih kuat dibanding siklon tropis  cempaka.

Beberapa daerah yang terdampak siklon tropis seroja antara lain sekitar Samudra Hindia, sebelah barat daya Pulau Rote, Pulau Sumba, Pulau Sabu, sebagian besar wilayah Nusa Tenggara Timur atau NTT.

Banjir bandang, hujan deras yang terjadi di NTT pada beberapa hari terakhir juga akibat cuaca ekstrem ini. Cuaca ekstrem ini diperkirakan akan terjadi pada Senin (5/4) dini hari.

Sebelumnya, mengutip kompas.com, Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Guswanto, mengatakan, BMKG mendeteksi adanya 2 bibit siklon tropis pada Sabtu (3/4/2021).

Halaman
12
Penulis: Deddy Rachmawan
Editor: Deddy Rachmawan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved