Breaking News:

Jambi Tempati Inflasi Tertinggi se-Sumatera, Andil Terbesar Pada Komoditas Cabai Merah

Inflasi tertinggi se-Sumatera terjadi di Kota Muara Bungo, kemudian Kota Jambi di posisi kedua.

ist
Inflasi tertinggi terjadi di Kota Jambi sebesar 0,75 persen. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi telah merilis data, Pada Maret 2021, Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0,33 persen dan Kota Muara Bungo inflasi sebesar 0,35 persen. Yang memberi andil besar inflasi masih pada komoditas cabai merah.

Inflasi tertinggi se-Sumatera terjadi di Kota Muara Bungo, kemudian Kota Jambi di posisi kedua.

Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi menyampaikan, Inflasi di Kota Jambi terjadi pada 7 (tujuh) kelompok pengeluaran. Sedangkan inflasi di Kota Muara Bungo terjadi pada 5 (lima) kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya kenaikan indeks.

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta Hari Ini 4 April 2021 Lengkap, Kelakuan Al dan Andin Saat Cari Bukti Kasus Roy

Baca juga: Mak Eros Melahirkan 25 Kali Sejak Usia 18 Tahun, Kisah Perempuan Tangguh dari Purwakarta

Baca juga: Rp 800 Ribu Tak Sampai 10 Menit, Dua Gadis Ini Jual Jasa Esek-esek Sampai Bisa Sewa Apartemen

“Inflasi Kota Jambi dan Muara Bungo terjadi karena adanya penurunan indeks harga pengeluaran. Dan terbesar pada kelompok makanan, Minuman dan Tembakau,” ujarnya, Minggu (4/4/2021).

7 (tujuh) Kelompok pengeluaran Kota Jambi yaitu kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 0,61 persen; kelompok Pakaian dan Alas Kaki sebesar 0,53 persen; kelompok Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,40 persen; kelompok Transportasi sebesar 0,27 persen; kelompok Informasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan sebesar 0,09 persen; kelompok Rekreasi, Olahraga, dan Budaya sebesar 2,15 persen; serta kelompok Penyediaan Makanan dan Minuman/Restoran sebesar 0,28 persen.

Dan 5 (lima) kelompok pengeluaran di Muara Bungo, yaitu kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 1,69 persen; kelompok Pakaian dan Alas Kaki sebesar 0,05 persen; kelompok Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,07 persen; kelompok Kesehatan sebesar 0,01 persen; serta kelompok Informasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan sebesar 0,01 persen

“Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Jambi Bulan Maret 2021 antara lain cabai merah, daging ayam ras, bawang merah, angkutan udara, buku tulis bergaris, minyak goreng, blus wanita, pengharum cucian/pelembut, tekwan/model, dan ikan nila,” jelasnya

“Sementara itu komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Muara Bungo adalah cabai merah, daging ayam ras, bawang merah, tempe, ikan serai, ikan tongkol, tauge, pepaya, sepeda motor, dan pisang,” tambahnya.

Laju inflasi tahun kalender1 dan “year on year”2 Kota Jambi pada bulan ini masing-masing sebesar 0,54 persen dan 2,70 persen.

Sedangkan laju inflasi tahun kalender dan “year on year” Kota Muara Bungo bulan ini masing-masing sebesar 0,39 persen dan 2,17 persen.

Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 106,80 dan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Muara Bungo tercatat sebesar 106,35.

“Pada Maret 2021, inflasi tertinggi se-Sumatera terjadi di Kota Muara Bungo sebesar 0,35 persen, kemudian Kota Jambi di posisi kedua sebesar 0,33 persen,” jelasnya.

“Sementara itu deflasi tertinggi se-Sumatera Padang Sidimpuan dan Kota Meulaboh, masing-masing sebesar 0,57 persen,” pungkasnya.

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved