Breaking News:

UMKM Jambi

UP2K Kelurahan Selamat Mengeluarkan Produk UMKM untuk Menyejahterakan Masyarakatnya

Henriani Ketua TP PKK Kelurahan Selamat mengatakan digunakannya daun binahong karena tanaman ini banyak dijumpai di setiap rumah warga.

(Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).
UP2K Kelurahan Selamat 


TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Produk UMKM tidak hanya bisa dilakukan oleh perorangan saja, Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kelurahan Slamet berhasil mengeluarkan produk layak jual yang diharapkan bisa mensejahterakan anggotanya.

Menariknya walaupun produknya tergolong biasa seperti keripik, Kue bawang sampai Bakwan. Namun semuanya mengunakan daun binahong sebagai bahan baku.

Henriani Ketua TP PKK Kelurahan Selamat mengatakan digunakannya daun binahong karena tanaman ini banyak dijumpai di setiap rumah warga.

“Setidaknya tanaman binahong ini bisa memberikan penghasilan bagi warga,” Ujarnya beberapa hari yang lalu.

Keberhasilan UP2K Kelurahan Selamat dalam melahirkan produk dari tanaman endemik tersebut berkat kerja keras dari tim yang tergabung di Pokja tiga.

Pokja tiga yang membidangan pagan ini tidak lelah melakukan eksperimen sehingga bisa melahirkan produk andalan yang secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Saat ini produk dari daun binahong tersebut dikemas dengan ukuran satu ons pe piece. Harganya Pun relatif bersahabat. Hanya Rp 9.000 per piece.

Untuk memasarkan, produknya UP2K membuka gerai khusus di depan Kantor Lurah Selamat. Selain itu juga akan menitipkan ke tempat usaha yang ada di kelurahan selamat.

Henriani mengatakan saat mengetahui UP2K akan mengeluarkan produk Lurah Kelurahan Selamat Ezwin Kurniawan langsung mengunjungi tempat usaha yang ada di wilayahnya untuk menanyakan ketersediaan memasarkan produk dari UP2K.

“Produk UP2K ini kedepannya akan bisa di dapatkan di beberapa tempat di kelurahan selamat seperti sate edi, rumah makan pagi sore, saimen dan tempat-tempat lainya,” ujar wanita berhijab ini. ( Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).

Baca berita lain terkait UMKM Jambi

Baca juga: Pelaku Pembacok Siswa SMAN 7 Ditangkap, Begini Kronologi Kejadian SR Dibacok hingga Meninggal Dunia

Baca juga: Pelaku Pembacok Siswa SMAN 7 Ditangkap, Begini Kronologi Kejadian SR Dibacok hingga Meninggal Dunia

Baca juga: Skandal Video 30 Detik Siswi SMA Digoyang Pacar di Palopo, Terungkap 4 Fakta Mengejutkan Ini

Penulis: M Yon Rinaldi
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved