Breaking News:

Berita Kerinci

Penjelasan Lengkap BMKG Terkait Angin Kencang yang Kini Tengah Terjadi di Kerinci

Sejak Rabu, (31/3/2021) hingga Kamis (1/4/2)21) di sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Kerinci diterpa angin kencang. Terkait hal itu BMKG Kerinci

Ist
Pohon tumbang akibat angin kencang di Kerinci. 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Sejak Rabu, (31/3/2021) hingga Kamis (1/4/2)21) di sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Kerinci diterpa angin kencang. Terkait hal itu BMKG Kerinci, menyampaikan Press Release.

Dalam Press Release yang ditandatangani kepala BMKG Kerinci, Kurnianingsih mengatakan, bahwa wilayah Kerinci yang diterpa angin kencang terdapat di Kecamatan Kayu Aro, Kecamatan Air Hangat Barat dan Kecamatan Bukit Jerman serta Kota Sungai Penuh.

Hasil pengamatan kondisi cuaca di Stasiun Meteorologi Depati Parbo Kerinci menunjukkan kecepatan angin maksimum di AWS BMKG (Automatic Weather Station) mencapai 22 knot
(40 km/jam). Dampak dari kejadian angin kencang yakni robohnya bangunan, pohon tumbang, robohnya baleho/papan reklame dan dan objek lainnya di beberapa titik yang menyebabkan kerugian korban jiwa dan materil.

Hasil analisa dinamika atmosfer menunjukkan terdapat pola gangguan cuaca berskala regional di wilayah perairan Samudera Hindia sebelah barat daya Pulau Sumatera. Berdasarkan analisis angin gradien terdapat indikasi terjadinya angin kencang dengan kecepatan berkisar antara 30 – 45 knots di perairan barat bengkulu yang dapat berdampak terhadap peningkatan kecepatan angin di wilayah Kabupaten Kerinci dan sekitarnya.

Bersamaan dengan adanya pusat tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat daya Pulau Sumatera, terdapat juga aktivitas Osilasi Madden Julian (MJO) yang saat ini berada dalam kondisi aktif
di fase 4 (Maritime Continent) yang dapat mempengaruhi peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Hasil pemodelan IFS-BMKG menunjukkan masih terdapat potensi Hujan dengan
intensitas ringan - sedang yang dapat disertai angin kencang hingga 5 April 2021 di wilayah
Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

"Berdasarkan hal tersebut dihimbau untuk tetap mewaspadai perubahan kondisi cuaca selama beberapa hari kedepan dan untuk selalu mengikuti arahan dari instansi terkait di bidang
kebencanaan untuk mengurangi dampak dan resiko bencana yang ditimbulkan. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi kondisi cuaca terkini dapat menghubungi BMKG Kerinci," disampaikannya.(*)

Baca berita lain terkait Kerinci

Baca juga: Pemkab Tebo Kerja dengan Unja dan Ini Perjanjian yang Disepakati

Baca juga: Angin Kencang di Kerinci 21.56 Knot, BMKG Perkirakan Berlangsung Hingga 7 Hari

Baca juga: BREAKING NEWS Angin Kencang di Kerinci, Seorang Warga Tewas Tertimpa Pohon

Penulis: Herupitra
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved