Breaking News:

Berita Merangin

Proses Evakuasi Material Longsor Selesai, Akses Lintas Bangko-Kerinci Sudah Bisa Dilalui

Akibat hujan yang mengguyur Kabupaten Merangin sejak Minggu (28/3/2021) mengakibatkan Jalan Lintas Sumatera Merangin- Bangko dan sebaliknya lumpuh

tribunjambi/darwin sijabat
Proses Evakuasi Material Longsor Selesai, Akses Lintas Bangko-Kerinci Sudah Bisa Dilalui. 

Akses Lintas Bangko-Kerinci Sudah Bisa Dilalalui, Haris Tinjau Langsung Proses Evakuasi Material Longsor 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Akibat hujan yang mengguyur Kabupaten Merangin sejak Minggu (28/3/2021) lalu mengakibatkan Jalan Lintas Sumatera Merangin- Bangko dan sebaliknya sempat lumpuh.

Masyarakat bersama TNI, Polri dan instansi pemerintah turut saling bahu membahu membuka akses jalan nasional yang sempat tertutup material longsor itu.

Bupati Merangin, Al Haris yang mengetahui kejadian tersebut menuju lokasi guna memantau langsung proses pembersihan hingga dapat dilalui kendaraan roda empat. 

Al Haris juga mengintruksikan Dinas PUPR Merangin agar berkoordinasi dengan pihak balai jalan supaya menurunkan alat berat ke lokasi untuk membersihkan material longsor.

“Senin pagi saya minta Dinas PUPR segera berkoordinasi dengan balai jalan nasional, karena ini jalan nasional agar menurunkan alat berat untuk membersihkan longsor. Alhamdulillah saat ini kendaraan roda empat sudah bisa melintas,” kata Al Haris, Senin (29/3/2021) malam.

Al Haris mengungkapkan, lintas Bangko-Kerinci sangat rawan terjadi longsor. Terkait itu, dirinya sudah punya rencana membangun jalur evakuasi atau jalur alternatif lintas Kerinci-Jambi.

“Saya sangat tahu lintas Bangko-Kerinci ini rawan longsor, sudah beberapa kali lintas Bangko-Kerinci lumpuh karena longsor. Saya sudah punya rencana untuk percepatan jalur evakuasi, sehingga jika terjadi bencana alam seperti longsor masyarakat Kerinci dan Sungaipenuh tidak susah keluar masuk atau begitupun sebaliknya,” sebutnya.

Tim Gabungan Gagalkan Penjualan Offset Harimau Sumatera & Gading Gajah Dari Pelaku Warga Jambi

Kapten Inf Suhari selaku Danramil 420-07/Sungai Manau Kodim 0420/Sarko juga menerangkan jalan sudah bisa di lalui dan akses jalan Bangko-Kerinci dan sebaliknya sudah normal.

"Akan tetapi kami himbau masyarakat yang melewati jalan tersebut untuk tetap berhati-hati di kerenakan bahu jalan masih licin dengan adanya tumpukan tanah di sertai genang air," katanya.

Dari koramil bahu-membahu bersama masyarakat setempat berpartisipasi guna berupaya membuka akses jalan tersebut dengan menyingkirkan material bebatuan dan tanah bekas longsor, dengan datangnya alat berat lebih mempermudah.

"Alhamdulillah sekarang masyarakat sudah bisa melewati jalan tersebut dan akses jalan sudah normal, jika masyarakat melewati jalan tersebut ketika hujan sebaiknya istirahat terlebih dahulu guna mengantisipasi hal yang serupa, Koramil Sungai Manau bisa menjadi alternative masyarakat untuk istirahat sejenak, tutup Danramil.

Vicky Prasteyo Syok Saat Singgung Janin Kalina Ocktaranny, Mendadak Minta Ini: Ya Allah!

Ketika SBY Menolak Usulan Gelar Jenderal Besar TNI dari Panglima TNI Moeldoko

Titik Api di Provinsi Jambi 27 Titik, Titik Api Terbanyak Ada di Wilayah Ini

Terdapat enam titik longsor yang menutupi jalan nasional yang mengakibatkan kendaraan roda empat dari Bangko menuju Kerinci atau sebaliknya tidak dapat dilintasi sejak Senin (29/3/2021) dini hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

Bahkan untuk pengendara yang hendak ke Kabupaten Kerinci atau Merangin, Polres Merangin sempat mengalihkan arus lalu lintas melalui Bungo-Solok Selatan-Kerinci.(Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved