Breaking News:

Berita Tanjabtim

Harga TBS Provinsi Jambi Naik di Tanjabtim Malah Turun

Harga buah sawit di Kabupaten Tanjabtim sedang Turun. Harga sawit ditengkulak saat ini beragam di berbagai daerah Tanjabtim.

tribunjambi/vira ramadhani
Harga TBS Provinsi Jambi Naik, Di Tanjabtim malah Turun 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Harga komoditi Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), mengalami stagnan. Pasalnya, meski kenaikan harga TBS di Tanjabtim masih seperti biasa, tapi cenderung menurun.

Harga buah sawit di Kabupaten Tanjabtim sedang Turun. Harga sawit ditengkulak saat ini beragam di berbagai daerah Tanjabtim.

Bustam, salah satu petani sawit yang berada di Desa Sungai Jambat, Kecamatan Sadu mengatakan, petani telah mendapatkan kabar melalui berita terkait kenaikan harga TBS sawit. Hanya saja, petani menyayangkan kenaikan tersebut tidak sampai di daerah.

“Yang ada malah munurun terus sekarang, kemarin paling tinggi harganya sampai Rp 1.300 per kilogram itu paling tinggi. Sekarang turun lagi hanya Rp 1.100 perkilogram di petani,” ujarnya melalui sambungan Telepon, Selasa (30/03/2021).
Ketika disinggung faktor dan penyebabnya, para petani tidak tahu pasti. Alasan klasik yang selalu disampaikan kalau buah sawit hasil dari Tanjabtim tidak memiliki kualitas yang bagus (jelek). Itu yang mengakibatkan harga anjlok di pasaran.

“Ada juga katanya karena faktor usia sawit yang belum maksimal dipanen sudah dipanen. Tapi di Tanjabtim juga banyak usia sawit yang sudah puluhan tahun dengan tinggi 7-8 M hasil jual buahnya juga sama tidak jauh beda,” jelasnya.

Kalau sekarang sawit kecil (muda) pun sama dengan sawit tua harganya, tapi tidak dipungkiri jenis sawit Tanjabtim Diakuinya kurang bagus.

“Dari hasil minyaknya terbilang sedikit,” ucapnya.

Sementara itu Winda, pemilik kebun sawit di Dendang Kabupaten Tanjabtim mengatakan, harga sawit sekarang sedang turun, saat ini harganya Rp 1.750 di tengkulak.

“Beberapa waktu lalu harga sawit Rp 1.850 perkilogram,” kata Winda kepada Tribunjambi.com, Selasa (30/03/2021).

Winda mengatakan saat ini terkendala dengan musim hujan, yang membuat jalan becek saat ingin memanen. (Tribunjambi/vira)

Baca berita lain terkait harga TBS di Jambi

Baca juga: Wabup Panggil Pihak Puskesmas Lubuk Kambing Soal Realisasi Vaksin Yang Tidak Maksimal

Baca juga: Promo Giant Weekday 30 Maret 2021 Ada Promo Beli 2 Gratis 1 Hingga Harga Spesial

Baca juga: VIDEO LIVE ON Guru dan Kepala Sekolah di Kota Jambi Terima Vaksin Covid-19

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved