Breaking News:

Kasus Suap Ketok Palu

Mantan Ketua DPRD Provinsi Jambi Ajukan Banding Atas Putusan Pengadilan Tipikor Jambi

Mengenai poin pengajuan bandingan, Heri Najib mengatakan masih menunggu putusan Pengadilan Negeri Tipikor Jambi

Tribunjambi/dedy nurdin
Suasana sidang pembacaan putusan Cornelis Buston CS 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Cornelis Buston, Mantan Ketua DPRD Provinsi Jambi priode 2014- 2019 ajukan banding atas putusan pengadilan dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi suap pengesahan RAPBD Tahun 2017 - 2018. 

Pernyataan banding ini disampaikan Cornelis Buston melalui penasehat hukumnya Heri Najib saat dikonfirmasi awak media pada Senin (29/3/2021). 

"Kita baru menyatakan saja, sebab waktu pikir pikir akan habis besok (hari ini, red) takutnya untuk menyatakan banding akan sulit jika lewat dengan hari yang di tentukan” Kata Hari Najib. 

Pada putusan Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Jambi beberapa waktu lalu, Cornelis Buston dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi. 

Sebagaimana disebutkan dalam dakwaan Jaksan Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi RI, Cornelis Buston selaku Ketua DPRD Provinsi Jambi disebut bersalah sebagaimana dalam pasal 12 huruf a UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU RI nomor 20 tahun 2001. Junto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana, junto pasal 65 ayat 1 KUHP.

Pengadilan Negeri Tipikor Jambi menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 5 tahun dan 6 bulan. Denda 500 juta subsider tiga bulan kurungan. 

Cornelis Juga dihukum membayar uang pengganti kerugian negara senilai 100 juta rupiah, subsider satu bulan kurungan. Hak politik Cornelis Buston juga dicabut selama lima tahun terhitung setelah ia menjalani pidana penjara pokok. 

Mengenai poin pengajuan bandingan, Heri Najib mengatakan masih menunggu putusan Pengadilan Negeri Tipikor Jambi. 

“kita belum terima salinan putusan, memang ada poin yang membuat kami menyatakan banding, Cuma harus di pastikan terlebih dahulu, kalau salinannya sudah di terima kita akan beritahu,” tegasnya. (Dedy Nurdin)

Baca juga: Dua Ruas Jalan Nasional di Jambi Tertimbun Longsor, Sejumlah Alat Berat Diturunkan ke Lokasi

Baca juga: Pihak Sekolah Ungkapkan Kurang Efektifnya Jam Belajar PTM Saat Ini

Baca juga: Tempat Usahanya Dirobohkan, Buka di Tempat Lain Terkendala Izin, Bagaimana UMKM Kedai Mimi Bertahan?

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved