Breaking News:

Tokoh Inspiratif

Kisah Dr. dr. H. Maulana, MKM, Sempat Terancam Putus Sekolah Kini Dapat Fasilitasi Pendidikan

Kisah tersebut merupakan penggalan dari kisah hidupnya yang bermanfaat bagi orang lain. 

Rara khushshoh
Wawako Maulana 

TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI - Dr. dr. H. Maulana, MKM merupakan satu di antara 11 Tokoh Inspiratif versi Tribun Jambi. Tribunjambi.com berhasil melakukan wawancara kisah roda kehidupannya.  

Karena desakan ekonomi, orang tuanya melakukan transmigrasi. Membuka kebun sawit di Muara Enim, Sumatera Selatan.

"Saya waktu itu baru kelas 3 SMP, karena masih kecil akhirnya saya ikut ke kebun sawit itu," katanya memulai cerita.

Ternyata di sana tidak ada SMP, dan jaraknya jauh harus ke kota. Sehingga akhirnya ia terancam putus sekolah, dan menyelesaikan pendidikan SMP selama 4 tahun.

Orang tuanya punya tetangga orang Sungai Bahar, Juned namanya. Karena di Bahar ada SMP, jadi ia dititipkan oleh Juned, dan pergi ke SMP.

Ternyata sesudah sampai Bahar ada SMP tetapi cuma sampai kelas 2 dan tidak ada SMP kelas 3. Sedangkan saat itu ia SMP kelas 3, akhirnya ia kerja di Sungai Bahar selama 4 bulan.

Ia bersyukur, pada saat itu sawit sudah ada hasil, dan orang tuanya juga mempunyai warung akhirnya ia disekolahkan di SMP 22 Palembang.

Sampai ia bisa melanjutkan universitas di Malang, Jurusan Kedokteran. Sewaktu ia menduduki semester 6 di perkuliahan ayahnya meninggal.

Pada saat itu ia bimbang, harus menemani ibunya, atau melanjutkan sekolah. Namun ibunya tak gentar, memintanya tetap melanjutkan pendidikan dan tidak boleh pulang sebelum menjadi dokter.

Akhirnya ia bertekad, mencari beasiswa, aktif organisasi, sampai menjadi direktur lembaga kesehatan mahasiswa Islam, mengelola klinik di Jawa Timur. Berkat itulah yang menjembataninya kemudian dapat menjadi dokter.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved