Breaking News:

Tingkatkan Penetrasi Produk Unggulan Syariah Provinsi Jambi, BI Gelar Kurasi Calon Anggota IKRA

Dengan mengusung tema Meningkatkan Penetrasi Produk Unggulan Syariah Provinsi Jambi, serta Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas

ist
BI Gelar Kurasi Calon Anggota IKRA 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - KPw Bank Indonesia Provinsi Jambi menggelar Kurasi Calon Anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA) 2021 yang diselenggarakan di Swiss Belhotel Jambi pada Sabtu, (27/3/2021).

Dengan mengusung tema Meningkatkan Penetrasi Produk Unggulan Syariah Provinsi Jambi, serta Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan pelaku UMKM Provinsi Jambi.

Kegiatan ini diadakan dua kelas, kelas pertama yaitu sustainable fashion yang dikuratori oleh Wignyo Rahadi, desainer ternama di tanah air. Dan sustainable halal food yang dikuratori oleh Haryo Pramoe, chef ternama tanah air.

Baca juga: Promo Indomaret Hari Ini dan Besok 29 Maret 2021 Diskon Minyak Goreng 2L Rp21.500 Harga Hemat Susu

Baca juga: Bom Bunuh Diri di Makassar, Kepala BNPT Boy Rafli Amar Selidiki Jaringan Teroris asal Sulsel

Baca juga: Sejarah dari Gereja Katedral Makassar yang Jadi Lokasi Bom Bunuh Diri, Jadi Gereja Tertua di Sulsel

Seluruh UMKM yang hadir akan dinilai produknya oleh kurator yang telah handal di bidangnya. Lalu UMKM yang terpilih akan mewakili Provinsi Jambi pada ajang seleksi nasional Industri Kreatif Syariah (IKRA) 2021.

Untuk UMKM yang ikut pada kegiatan ini yaitu sebanyak 64 UMKM, terdiri dari 35 UMKM food dan 29 fashion.

Pada acara tersebut Wignyo menjelaskan, sustainable fashion didirikan sebagai industri fashion yang mengedepankan keberlanjutan usaha, lalu keberlanjutan produk.

“Keberlanjutan usaha harus memiliki kriteria manajemen bisnis yang sudah terkelola menuju baik atau sudah baik terlihat dari tiga kriteria. pertama kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar, kedua sistem produksi dan SDM yang jelas dan ketiga target pasar yang jelas didukung dengan bisnis brand yang sudah baik,” jelasnya.

Keberlanjutan produk harus memiliki kriteria paling minimal memiliki pertama metode atau pengelolaan limbah, kedua efisiensi dan energi, dan ketiga menggunakan bahan baku olahan yang tidak membahayakan lingkungan, tambahnya.

Sedangkan di kelas sustainable halal food, chef Haryo mengatakan produk bukan hanya sekedar makanan enak tapi juga mempunyai look atau penampakan, first impression atau kesan pertama dari packaging itu sudah disadari oleh pelaku-pelaku UMKM.

“Poduk-produk tradisional dan klasik juga harus dibantu secara desain, walaupun tidak menampik bahwa desain klasik mempunyai segmen pasar tersendiri, tapi jika ingin berkembang ke depan jadi harus dibuatkan alternatif desain kemasan,” jelas Chef Haryo.

“Klasik bukan berarti kuno, klasik adalah perjalanan usaha yang sudah makan asam garam usaha itu sendiri tapi harus memperhatikan desain klasik di masa depan agar tetap bertahan,” tambahnya.

Lanjutnya, hal yang paling penting adalah para pelaku UMKM harus mengetahui siapa pesaingnya di pasar dunia, karena mereka tidak berkompetensi lagi dengan bangsa sendiri melainkan dengan bangsa lain seperti pasar Korea, pasar Jepang, pasar United Emirates Arab, dan lainnya.

Chef Haryo mengatakan harapannya setelah orang memakan makanan khas Jambi yang sudah proper, dari makanan bisa turun ke tulisan, kunjungan wisatawa melalui kampanye visual audio, video, photography, hastag, platfrom digital seperti Facebook, Instragram, Pinterest, dll.

“Pesan untuk produk Jambi yang perlu diperbaiki, yaitu inovasi dan perkembangan harus diikuti karna masa depan adalah perubahan kalau bisa bikin trend sendiri, dengan menggali kearifan lokal dengan packaging di modernisasikan secara kekinian. Keunggulan Jambi harus digali sampai bisa menjadi ciri khas di wilayah Jambi,” ungkapnya.

Pihak KPw Bank Indonesia Provinsi Jambi mengatakan pada acara ini telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik dari awal acaranya maupun sampai acaranya selesai.

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved