Breaking News:

PSU Pilgub Jambi, ASN Pemprov Jambi dan Daerah Diminta Jaga Netralitas

“Surat edaran itu sudah kita kirimkan ke Bupati yang ada di wilayahnya akan melaksanakan PSU,” kata Sudirman Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Minggu (28

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
istimewa
Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H Sudirman 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Terkait adanya PSU Pilgub Jambi, Pemprov Jambi telah berkirim surat kepada ASN Pemprov Jambi dan ke kabupaten/kota untuk tetap menjaga netralitas ASN, khususnya pada wilayah yang akan melaksanakan PSU.

“Surat edaran itu sudah kita kirimkan ke Bupati yang ada di wilayahnya akan melaksanakan PSU,” kata Sudirman Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Minggu (28/3/2021).

Lanjutnya, dalam surat edaran tersebut juga telah disampaikan regulasi-regulasi agar dipatuhi betul oleh ASN. “Jangan sampai ASN berpihak ke salah satu pasangan calon,” tambahnya.

Baca juga: Masih Menunggau Aturan, Kemenag Tanjabbar Harapkan Salat Tarawih Berjamaah Bisa Dilaksanakan

Baca juga: Redam Aksi Kebut-kebutan Pemuda di Muara Bulian, Satpol PP Batanghari Gelar Patroli Malam

Baca juga: Kisah Suami Bongkar Perselingkuhan Istri, Sembunyi di Bawah Tempat Tidur Selama 6 Jam

Sudirman menyebutkan, pastinya ada sanksi yang diterima oleh ASN yang melanggar aturan dari Netralitas ASN. Kata dia, yang diutamakan, ASN tak boleh berpihak pada paslon dan partai politik. Saat ini sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Bisa jadi mereka diturunkan jabatannya, sesuai dengan kesalahan yang dilakukan, nanti bisa di sanksi ringan, sanksi sedang dan sanksi berat,” sebutnya.

Tak hanya itu, bagi ASN yang tidak netral tersebut juga bisa di sanksi penundaan gaji berkala dan penurunan pangkat. “Tapi awalnya kita lakukan teguran, hingga proses jalan hingga pencopotan jabatan,” ucapnya.

Sebelumnya, surat edaran tersebut dikeluarkan oleh Pemprov Jambi, karena adanya PSU untuk calon gubernur Jambi yang baru. Meski demikian, jadwal PSU masih belum dapat diketahui secara pasti, kapan akan dilakukan.

Untuk wilayah yang akan melakukan PSU yakni Kabupaten Kerinci, Kota Sungaipenuh, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tanjab Timur dan Kabupaten Muarojambi. Nantinya ada 88 TPS yang akan melakukan PSU.

“Kita harap ini semua berjalan aman, damai dan tak ada kericuhan yang terjadi, karena ini juga untuk masyarakat Jambi dalam menentukan gubernur Jambi,” tandansya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved