Breaking News:

Berita Bisnis

Ini Dia Tips Mudah Gunakan Honda Smart Key

GM Marketing Operations PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erwin Susanto mengatakan dari sisi fungsi, Honda Smart Key lebih aman dari kasus pencurian

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Honda Smart Key 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI  - Sebagai pengaman, beberapa motor keluaran terbaru sudah dibekali dengan kunci keyless, diantaranya Honda Scoopy 2021 dan Honda All New PCX 160 . Teknologi yang kerap disebut pabrikan dengan Honda Smart Key .

GM Marketing Operations PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erwin Susanto mengatakan dari sisi fungsi, Honda Smart Key lebih aman dari kasus pencurian kendaraan bermotor, jika dibandingkan dengan rumah kunci berpengaman magnet yang sebelumnya banyak dipakai. 

"Perlahan-lahan, kunci kontak berpengaman magnet mulai ditinggalkan, karena sudah bisa diakali pencuri, sehingga kasus kehilangan motor masih kerap terjadi." Ujarnya Sabtu ( 27/3/2021)

Cara pakai Smart Key System Honda Scoopy 2021 hampir sama dengan yang dimiliki Honda Vario 150 sebelumnya, sedikit perbedaannya hanya pada desain remote.
Pada rumah kontak, Honda Scoopy 2021 dan Honda Vario 150 menggunakan knob berwarna hitam, tanpa ada lampu iluminasi berwarna biru, seperti milik Honda ADV 150 namun pada PCX 160 sudah dilengkapi dengan lampu ilumisasi yang berwarna biru menambah kesan elegan dan mewah.

Untuk menggunakannya dari posisi setang terkunci, tekan knob kontak satu kali, kemudian putar menuju posisi yang dituju seperti merilis kunci setang atau posisi untuk membuka jok.

Kalau ingin membuka jok, langkah selanjutnya tekan tombol bertulisan 'SEAT' di samping kanan knob. Jika ingin menghidupkan motor, putar knob ke arah kiri sampai mentok, diikuti nyala dari panel instrumen digital.

Yang harus diperhatikan, jarak motor dengan remote harus dalam radius 2 (dua) meter, jika tidak maka knob kunci kontak tidak akan merespon, dan knob tidak akan bisa diputar.

Kecanggihan lainnya dari fitur Honda Smart Key, ada pada remote yang punya 2 (dua) buah tombol. Tombol pertama untuk Answer Back System, mencari lokasi motor di area parkir yang luas, dan tombol untuk mengaktifkan alarm.

Nah jika ada pertanyaan, bagaimana jika remote hilang? Apakah motor tidak bisa digunakan sama sekali?

Ukuran remote yang relatif kecil memang terkadang menjadi kendala, dan kerap terselip. Pada saat pembelian, Anda akan mendapatkan sepasang remote. Gunakanlah remote yang tidak ada tanda asterik atau tanda bintang () pada Id Tag dan Remote yang ada tanda asterik atau tanda bintang () digunakan sebagai remote cadangan baik-baik di rumah ya!

“Jika remote hilang, remote cadangan bisa didaftarkan lewat bengkel resmi terdekat. Tapi jika kedua remote hilang, konsumen bisa mendaftarkan lewat barcode yang disebut ID Tag untuk bisa kembali menggunakan motor. Jika memang sangat sial ID Tag juga hilang, maka siap-siap keluar dana besar” ujar Erfinando Technical Instructor Sinsen.

Jika Anda mengalami kondisi terburuk tersebut, maka harus mengganti SCU (Smart Control Unit) yang tugasnya membaca sinyal remote yang dijual satu paket dengan sepasang remote. ECM (Engine Control Modul) otomatis juga harus ikut diganti.

Proses penggantian kedua komponen tadi memang relatif cepat, tapi jika stok tidak ada maka harus menunggu komponen tadi dari pusat.(*/Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi )

Baca berita lain terkait Honda PCX

Baca juga: Kapan Gerakan Earth Hour 2021 Dilakukan? Apa yang mesti Dilakukan Pada Kampanye Cinta Lingkungan Ini

Baca juga: Mie Tanpa Pengawet, UMKM Mie Bang Tengku Pal 10 Tetap Produksi Walau Terkendala Alat

Baca juga: UMKM Ini Hadirkan Mie Basah Tanpa Pengawet Berlokasi di Pal 10 Kota Jambi

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved