Breaking News:

Berita Jambi

Menguji Fungsi Koordinasi Antar Unit, Pemprov Jambi Menggelar Latihan Gabungan Penanganan Karhutla

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama PT Wirakarya Sakti (WKS) mengadakan latihan gabungan penanganan kebakaran hutan dan lahan

Editor: Rahimin
istimewa
Tim gabungan saat apel menjelang latihan gabungan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Rantau, Kecamatan Geragai (Distrik VII PT WKS). 

Menguji Fungsi Koordinasi Antar Unit, Pemprov Jambi Menggelar Latihan Gabungan Penanganan Karhutla

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama PT Wirakarya Sakti (WKS) mengadakan latihan gabungan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Rantau, Kecamatan Geragai (Distrik VII PT WKS).

Latihan yang diselenggarakan selama tiga hari ini (23-25 Maret 2021) melibatkan Manggala Agni, Korem 042/ Gapu, Brimob/ Polda Jambi, Badan SAR Nasional, Dinas Kehutanan, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan sebagai peserta latihan gabungan ini.

Acara ini melibatkan 277 peserta dan dihadiri Pjs Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni, Sekda Jambi Sudirman, Dirsamapta Polda Jambi Kombes Yohanes, Kepala Dinas Kehutanan Jambi Ahmad Bastari, Kepala BPBD Jambi Bachyuni Deliansyah, Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Haryanto.

"Saya menyambut baik latihan gabungan penanganan karhutla ini, yang merupakan latihan gabungan yang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan untuk menguji fungsi koordinasi, komunikasi, komando, dan sinergitas antar unit," ungkap Pjs Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni dalam sambutannya.

Anggota Fraksi Gerindra Dilaporkan ke MKD Karena Terlibat Pencurian 21,5 Ton Solar Milik Pertamina

PROFIL Letjen Syarwan Hamid Mantan Mendagri Yang Berhasil Meredam Pemberontakan GAM Terhadap NKRI

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Siang Ini, Akses hanya di www.prakerja.go.id

Kepala BPBD Jambi Bachyuni Deliansyah menjelaskan maksud dan tujuan acara untuk peningkatan Kualitas SDM Peserta (BPBD, TNI, POLRI, Manggala Agni, Basarnas, RPK Perusahaan) dalam hal penanggulangan bencana Karhutla serta dalam rangka peningkatan sinergitas seluruh komponen peserta pelatihan.

"Dipilihnya PT WKS sebagai lokasi pelatihan, dikarenakan perusahaan tersebut merupakan satu perusahan yang memiliki sarana dan prasarana, serta personil yang lengkap terkait upaya pencegahan Karhutla. Serta dapat menjadi contoh bagi perusahan lain yang ikut dalam pelatihan," ujarnya.

Dalam upaya mencegah dan mengendalikan Karhutla, unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT WKS bersama mitranya mengoptimalkan program pemberdayaan masyarakat Desa Makmur Peduli Api (DMPA) dalam upaya pencegahan Karhutla. Saat ini program DMPA di Jambi telah berjalan di 386 Desa, dengan total penerima manfaat mencapai lebih dari 27.000 Kepala Keluarga (KK).

Program DMPA bertujuan mengajak dan membina masyarakat untuk mengelola lahan secara agroforestri, serta tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar (PLTB).

Program DMPA juga memberi kesempatan masyarakat disekitar areal konsesi Perusahaan untuk meningkatkan pendapatannya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved