Breaking News:

Berita Tanjab Timur

Berada di Wilayah Pesisir, Pihak Kecamatan Kuala Jambi Fokus Antisipasi Kebakaran Pemukiman

di dominasi kawasan pesisir, Kecamatan Kuala Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur fokus antisipasi kebakaran pemukiman dibanding karhutla.

tribunjambi/abdullah usman
Wilayah Kecamatan Kuala Jambi. Berada di Wilayah Pesisir, Pihak Kecamatan Kuala Jambi Fokus Antisipasi Kebakaran Pemukiman 

Berada di Wilayah Pesisir, Pihak Kecamatan Kuala Jambi Fokus Antisipasi Kebakaran Pemukiman

Laporan wartawan Tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Wilayah di dominasi kawasan pesisir, Kecamatan Kuala Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur fokus antisipasi kebakaran pemukiman dibanding karhutla.

Kebakaran hutan dan lahan marak terjadi di sejumlah kecamatan di Tanjung Jabung Timur, sejak tiga bulan terakhir di 2021.

Tercatat sudah  puluhan kasus hingga belasan hektare lahan telah hangus dilalap si jago merah.

Dari 11 Kecamatan yang ada di kabupaten Tanjung Jabung timur, Kecamatan Kuala Jambi jarang memiliki kasus kebakaran hutan dan lahan.

Delapan Travel di Bungo Siap Berangkatkan Jamaah Umrah, Syamsuri: Belum Ada Kepastian

Pasca Kedatangan Menteri Sosial, Dukcapil Batanghari Cetak 91 Lembar Kartu Keluarga Buat SAD

CARA Dukung Septi di LIDA 2021, Duta Jambi yang Malam Ini Tampil di Konser Top 70 Live di Indosiar

Camat Kuala Jambi Taufiq Kurniawan bilang, hal ini dikarenakan wilayahnya tersebut tidak memiliki lahan gambut seperti Kecamatan lainnya. 

"Mayoritas kebakaran hutan dan lahan yang terjadi selama ini didominasi lahan bergambut. Sedangkan secara geografis wilayah kecamatan Kuala Jambi berada di daerah pesisir perairan," ujarnya.

Menurutnya,  Kecamatan Kuala Jambi justru memiliki lokus kebakaran pada area padat penduduk. 

Hal ini dikarenakan jarak antar rumah penduduk nyaris tak jauh dan saling rapat, beberapa faktor penyebab kebakaran di Kecamatan Kuala Jambi diantaranya karena kelalaian.

Mulai dari tungku memasak yang lupa dimatikan, kemudian membuang puntung rokok sembarangan, sehingga memicu api lalu terjadi kebakaran. selain itu adanya korsleting listrik juga kerap menjadi pemicu kebakaran.

"Pihak Kecamatan mengimbau seluruh masyarakat di kecamatan Kuala Jambi untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran rumah yang seringkali terjadi pada musim kemarau," pungkasnya.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved