Breaking News:

Komunitas

GMCL UIN STS Jambi, Tumbuhkan Minat Membaca dengan Situasi Menarik dan Tak Membosankan

Gerakan Mahasiswa Cinta Literasi (GMCL) UIN STS Jambi mengajak para anggotanya untuk terus membaca buku dan mengajak anggotanya untuk terus membangkit

ist
GMCL UIN STS Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Gerakan Mahasiswa Cinta Literasi berhasil membangkitkan minat baca mahasiswa dengan metode sharing buku.

Melihat banyaknya aktifitas manusia dalam menggunakan gadget, dan termasuk juga aktivitas membaca buku kurang diminati oleh masyarakat khsusunya pada generasi muda.

Gerakan Mahasiswa Cinta Literasi (GMCL) UIN STS Jambi mengajak para anggotanya untuk terus membaca buku dan mengajak anggotanya untuk terus membangkitkan minat baca.

Baca juga: Gantikan Krisdayanti yang Tak Hadir, Yuni Shara Jadi Sorotan Saat Mendampingi Aurel Saat Siraman

Baca juga: Cara Lulus Daftar Kartu Prakerja Gelombang 15, Pendaftaran Ditutup Besok

Baca juga: Promo Indomaret Hari Ini 20 Maret 2021 Hanya 3 Hari Pencuci Piring Rp14500 Diapers Mulai Rp39900

GMCL dibangun pada akhir tahun 2018 dengan memili anggota aktif sekitar 103 anggota mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Tujuan adanya GMCL untuk mengajak para anggotanya untuk membiasakan kebiasaan membaca dengan minim budget, dan menggunakan metode sharing buku bacaan.

"Selain menurun nya minat membaca buku, ada juga mahasiswa yang suka membaca tapi keterbatasan buku yang di baca dan ini juga salah satu tujuan adanya GMCL untuk mengadakan buku dengan minim budget, seorang mahasiswa hanya diharuskan membeli 1 buku, jika ada 103 mahasiswa berarti dengan modal kembali 1 buku para anggota dapat membaca 102 buku," jelas Basyariah Siregar selaku pendiri Gerakan Mahasiswa Cinta Literasi dan dosen FTIK UIN STS Jambi.

Selain itu juga metode sharing buku bacaan mempermudah para anggotanya untuk saling berbagi buku dengan tujuan dapat membaca buku banyak dengan minim budget.

"GMCL ini sangat membantu mahasiswa dengan metode sharing buku, terutama mahasiswa yang memang minim budget, jika tidak di GMCL sebagian mahasiswa juga tidak mau meminjamkan buku karena takut hilang dengan adanya metode sharing buku GMCL ini membuat lebih mudah bertukar buku khususnya antar anggota," jelas Evi Dzawil Hijjati anggota GMKI

Menurunnya minat baca juga karena membaca merupakan sesuatu yang dianggap membosankan dan tidak mengasikkan khususnya dikalangan generasi muda

Dan GMCL berhasil membuat suasana membaca lebih menyenangkan dan mengasikkan bagi anggotanya khususnya di kalangan generasi muda.

"Dengan Gerakan Mahasiswa Cinta Literasi ini membaca tidak lagi membosankan, karena dilakukan secara bersama-sama, bisa saling sharing dan juga yang dibaca tidak harus tentang pembelajaran yang di ajarkan di perkuliahan, tetapi buku bebas seperti buku fiksi dan buku non fiksi," tambahnya Evi.

Ia juga mengatakan faktor menurun nya minat membaca khususnya di kalangan generasi muda karena faktor gadget dan membaca terasa lebih membosankan, jika suasana nya lebih menyenangkan maka minat membaca bisa di tumbuhkan lagi.

Penulis: Ade Setyawati
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved