Breaking News:

Berita Kota Jambi

Sidang Korupsi Dana Desa Koto Dua Baru Kabupaten Kerinci Ditunda

Radius Prawira diancam pidana sebagaimana pada dakwaan primer pasal 2 ayat (1) UU RI Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan tindak...

Tribunnews.com
ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sidang lanjutan kasus dugaan tindak pidana korupsi penyalah gunaan APBDes dengan terdakwa Radius Prawira, Kades Koto Duo Baru, Kecamatan Air Hanga yang dijadwalkan Jumat (19/3/2021) kembali ditunda. 

Penundan kali ini dilakukan karena majelos hakim yang memimpin persidangan berhalangan untuk memimpin persidangan.  

Moehargung Alsonta, salah seorang Jaksan Penuntut Kejari Sungaipenuh mengatakan sidang sempat dibuka. Namun harus ditunda dikarenakan hakim sedang berhalangan. 

"Ditunda karena ketua majelis hakim, Morailam Purba, tidak bisa hadir dan melanjutkan persidangan. Salah satu keluarga ketua majelis meninggal dunia,” katanya Jumat (19/3/2021).

Berdasarkan jadwal persidangan, saksi yang akan dihadirkan adalah ahli dari Inspektorat Provinsi Jambi dan saksi dari Dinas PU Kabupaten Kerinci. 

Namun karena majelis hakim berhalangan dan tengah mengalami kemalangan, maka sidang harus ditunda. Sebelumnya persidangan dengan terdakwa Radius Prawira, Kades Koto Dua Baru juga sempat ditunda karena terdakwa terpapar Covid 19. 

Akibatnya, terdakwa harus menjalani perawatan intensif dalam waktu yang cukup lama. Persidangan baru dapat kembali digelar setelah kondisi kesehatan terdakwa membaik dan telah dinyatakan negatif berdasarkan hasil Swab Tes. 

Radius didakwa dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan pada pengelolaan anggaran APBDes Koto Duo Baru tahun anggaran 2018 dan tahun 2019. 

Pada tahun anggaran tersebut Desa Koto Dua Baru mendapatkan anggaran dana desa senilai 637 juta, alokasi dana desa (ADD) senilai 225 juta dan bantuan dari pemerintah Provinsi Jambi senilai 60 juta. 

Serta hasil pajak 5,9 juta dan pendapatan desa yang sah senilai 31 juta. Sehingga keseluruhan anggaran yang diterima tahun 2018 sebesar 965 juta rupiah. 

Halaman
12
Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved