Breaking News:

2.000 Ha Hutan di Gunung Kerinci Telah Dirambah

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang ada di Kabupaten Kerinci seluas sekitar 215.000 hektare. Sementara di kaki Gunung Kerinci saja

Penulis: Herupitra | Editor: Fifi Suryani
2.000 Ha Hutan di Gunung Kerinci Telah Dirambah
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Perambahan hutan

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang ada di Kabupaten Kerinci seluas sekitar 215.000 hektare. Sementara di kaki Gunung Kerinci saja seluas 2.000 hektare telah dirambah.

Hingga saat ini perambahan masih terus terjadi oleh tangan manusia yang tidak bertanggungjawab. Perambahan terjadi bukan hanya di kaki Gunung Kerinci, tapi di lokasi lain juga terjadi perambahan.

Hal ini diakui langsung pihak Balai Besar TNKS, saat audensi dengan Aliansi Bumi Kerinci, Senin (15/3) kemarin.

"Ada sekitar 2.000 hektare kawasan TNKS di kaki Gunung Kerinci telah dirambah," ujar Wira Kepala Seksi Perencanaan Perlindungan dan Pengawetan.

Ia juga menyatakan, bahwa di Renah Pemetik hutan kawasan TNKS juga sudah dirambah. Namun pihaknya kesulitan mengungkapkan para pelaku. Sebab saat pihaknya turun ke lokasi mereka hanya menemukan pekerja bukan pemiliknya.

"Mereka tidak mau menyebutkan siapa pemiliknya. Tapi kami sudah ada mencurigai induk semangnya. Diduga ada oknum anggota dewan bermain di sana atau melakukan perambahan hutan di kawasan TNKS," bebernya.

Kekurangan Polhut

Praktek illegal loging di Kabupaten Kerinci masih marak. Pembalakan liar ini mengancam keselamatan hutan TNKS.

Pihak TNKS tidak bisa berbuat banyak, beralasan kekurangan personil Polisi Kehutanan (Polhut). Hal itu diakui oleh Kepala Seksi Wilayah I Kerinci TNKS, Nurhamidi dihubungi, Selasa (16/3).

Ia menyebutkan, di wilayah I Kerinci, dengan luas kawasan sekitar 215.000 hektare. Kawasan seluas itu hanya diawasi oleh 16 personil Polhut.

"Dengan luas kawasan sekitar 215.000 hektare dengan 16 Polhut bisa dianalisa itu. Kami kesulitan dengan dikitnya personil Polhut di wilayah I Kerinci," tambahnya.

Terkait banyaknya perambahan, Kanit Intel Polres Kerinci, Eko mengaku selalu berkerjasama dengan pihak TNKS. Seperti penangkapan jika ada temuan ilegal loging.

"Segera lapor jika ada temuan ilegal loging," singkatnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved