Breaking News:

Berita Kota Jambi

BPBD Catat 30 Hektare Lahan di Provinsi Jambi Sudah Terbakar, Terluas di Tanjung Jabung Timur

Menjawab persoalan tersebut, Pj Gubernur Jambi, Hari Nur Cahaya Murni menyebut pihaknya sudah turun langsung

Penulis: Mareza Sutan AJ | Editor: Nani Rachmaini
ist
Ilustrasi. Kebakaran lahan di Desa Mencolok, Kabupaten Tanjabtim. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tidak menampik kebakaran hutan dan lahan telah terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Kepala BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah memperkirakan, luasan hutan dan lahan terbakar sepanjang 2021 ini sekitar 30 hektare.

"Luas kebakaran, sampai hari ini sekitar sekitar 30 hektare. Terbesar di Kecamatan Sadu (Tanjung Jabung Timur), sekitar 10 sampai 30 hektare. Belum bisa dipastikan (luas lahan terbakar), karena sekarang belum selesai pendinginan," kata Bayu, sapaan akrabnya, Rabu (3/3/2021).

Dia menyebut, pihaknya masih fokus pada mitigasi dan penanggulangan.

Sejauh ini, karhutla di Provinsi Jambi masih pada status kesiapsiagaan. Namun, Bayu menyebut pihak Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah melaporkan menaikkan status menjadi siaga karhutla.

Dia menjelaskan, jika status telah dinaikkan, maka peralatan penanggulangan karhutla akan segera ditambah. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pj Gubernur Jambi untuk mempersiapkan peralatan dalam upaya menanggulangi karhutla, termasuk helikopter.

"Nanti (helikopter) tergantung kebutuhan, bisa dua sampai lima nanti kita siapkan," katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat Provinsi Jambi agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar untuk mencegah terjadinya karhutla.

Untuk diketahui, Provinsi Jambi termasuk wilayah yang menjadi kawasan rawan karhutla. Dari catatan BPBD Provinsi Jambi, tahun 2019 lalu tercatat 11.736 hektare lahan di Provinsi Jambi terbakar. Tren itu menurun pada tahun 2020 menjadi sekitar 1.000 hektare.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi rambu terkait potensi munculnya titik panas di sejumlah daerah di Provinsi Jambi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved