Breaking News:

Renungan Harian Katholik Minggu 28 Februari 2021, Masa Prapaskah II, Tabor Menuju Golgota

Jika kini puncaknya dapat dicapai dengan kendaraan, pada masa lalu para pengunjung harus mencapainya dengan mendaki 4.340 anak tangga

ist
Ilustrasi renungan harian 

TRIBUNJAMBI.COM - Gunung Tabor terletak di sebelah utara negara Israel. Tepatnya di ujung timur Lembah Yizreel, 17 km (11 mil) sebelah barat Danau Galilea.

Identifikasi paling awal gunung tempat transfigurasi ini adalah dari Origen pada abad ke-3 Masehi. Juga disinggung oleh St. Cyril dari Jerusalem dan Hieronimus pada abad ke-4.

Di puncak gunung ini terdapat BasilikaTransfigurasi serta Biara Fransiskan (OFM). Sejak abad ketiga masehi di gunung ini telah berdiri tiga kapel yang dipersembahkan kepada Yesus Kristus, Musa dan Elia.

Di zaman Perang Salib, ketiga kapel ini disatukan menjadi sebuah basilika yang indah. Tembok-tembok maupun bangunan kokoh yang berdiri sampai sekarang di puncak gunung ini, berasal dari abad ke-12 hingga abad ke-13.

Baca juga: Renungan Harian Kristen - Hidup Dalam Persekutuan

Baca juga: Tengah Malam Prajurit TNI Diberondong Tembakan, KKB Papua Menyerang dari Belakang, Satu Tewas

Penulis Injil Markus menampilkan mukjizat: Yesus dimuliakan di atas Gunung Tabor. Peristiwa ini disebut dengan transfigurasi. Peristiwa di mana Yesus dimuliakan dan bertemu dengan Musa dan Elia di atas gunung itu. Muka-Nya bercahaya dan penuh kemuliaan. Hal ini merupakan puncak spiritualitas Yesus.

Peristiwa transfigurasi Tuhan Yesus ini juga dicatat dalam Injil Matius (17:1-8) dan Lukas (9:28-36), sedangkan Injil Yohanes tidak memasukkan kisah ini sebab dari awal Yesus sudah ditampilkan sebagai Pribadi yang mulia, yaitu sebagai Allah (Yoh. 1:1). Pada waktu peristiwa itu, hadir tiga murid Yesus yaitu Petrus, Yakobus dan Yohanes.

Transfigurasi merupakan satu-satunya peristiwa di mana Yesus menampilkan kemuliaan-Nya di atas gunung bersama dengan Musa dan Elia. Peristiwa Transfigurasi ini merupakan salah satu dari lima peristiwa penting dalam kehidupan Yesus menurut Injil. Empat peristiwa lain yaitu Pembaptisan, Penyaliban, Kebangkitan dan Kenaikan-Nya ke Surga.

Ketika terpesona dengan mukjizat dan terpapar kebahagiaan itu, Petrus meminta kepada Yesus untuk mendirikan 3 kemah di atas Gunung Tabor.

“Rabi, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia” (Mrk 9:5).

Mereka ingin mendirikan kemah bagi Yesus, Musa dan Elia supaya kehadiran mereka bertiga dalam kemuliaan lebih permanen.

Halaman
123
Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved