Breaking News:

Berita Tanjab Barat

APBD Tanjabbar Berkurang Rp16 Miliar

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat akan kembali melakukan refocusing anggaran pada 2021 ini. Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan pemerintah

Tribunjambi/Samsul Bahri
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanjabbar, Agus Sanusi. 

KUALA TUNGKAL, TRIBUN - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat akan kembali melakukan refocusing anggaran pada 2021 ini. Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan pemerintah pusat dengan mengeluarkan Peraturan Mentri Keuangan (PMK) Nomor 17 Tahun 2021.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjabbar, Agus Sanusi. Ia menyebutkan bahwa hal ini dilakukan karena melihat situasi pandemi Covid-19 yang masih terjadi. Untuk refocusing kali ini setidaknya akan ada penurunan anggaran APBD sekitar Rp16 miliar.

"Kalo saat ini ancang-ancangnya akan ada penurunan sekitar Rp15-Rp16 miliar refocusing," katanya, Jumat 26/2).

Baca juga: Kebakaran di Kota Jambi, Sebuah Rumah di Seberang Kota Jambi Hangus Terbakar

Baca juga: Pj Gubernur Jambi Persilahkan Belajar Tatap Muka di Tebo, Asalkan Ini

Lebih lanjut disampaikan oleh Sekda bahwa pelaksanaan refocusing sendiri seharusnya sudah mulai dilakukan, namun ada kendala di pihaknya sehingga pelaksanaan tersebut belum dilakukan. Kata Agus Sanusi, pihaknya terkendala pada Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

"Kendala kita bermasalah di SIPD, karena APBD kita belum bisa dicetak secara penuh dan itulah menjadi catatan dari kementerian keuangan. Nah setelah itu selesai baru dilakukan perubahan, karena ada dana DAK yang belum masuk ke kita kemarin dan akan ada refocusing pengaloksian dana Covid,"tambahnya.

Baca juga: Siapkan Belajar Tatap Muka, Fasha: 4.000 Tenaga Pendidik Kota Jambi di Test Swab PCR

Baca juga: KALA Dunia Tercengang Gegera Aksi Kopassus yang Cuma 3 Menit Bebaskan Sandera Pesawat di Thaliand

Disisi lain, kata Sekda meskipun ada penurunan anggaran APBD untuk 2021 ini karena akan ada refocusing anggaran. Kemudian melihat adanya Silpa pada 2020 lalu, Agus Sanusi meyakini bahwa anggaran untuk 2021 ini masih aman.

"Tapi Insya Allah walaupun ada refocusing ini, kita melihat posisi anggaran kita di 2020 lalu itu silpa masih tetap aman,"pungkasnya. (sul)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Hendri Dunan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved