Breaking News:

Berita Kota Jambi

Awas, Sulit Memprediksi Pohon Rawan Tumbang, DLH Imbau Jauhi Pohon saat Hujan dan Angin Kencang

"Masyarakat diharapkan untuk tidak berteduh dan parkir di bawah pohon saat terjadi hujan. Dikhawatirkan saat terjadi angin kencang dapat..

capture
Pohon tinggi di tengah Kota Jambi rawan tumbang diterpa angin kencang. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - DLH Kota Jambi mengatakan cukup sulit untuk memprediksi pohon mana saja yang rawan tumbang saat terjadi cuaca ekstrem.

Doddy Hidayat, Kabid Pengelolaan Keanekaragaman Hayati, DLH Kota Jambi mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi jelang prediksi curah hujan tinggi pada Maret hingga Mei bersama tim dengan memangkas sebagian besar pohon-pohon yang ada di jalanan Kota Jambi.

"Sulit untuk memprediksi pohon mana saja yang sekiranya rawan tumbang ketika hujan. Terkadang malah pohon tua dan terlihat rapuh bisa bertahan saat ada terpaan hujan deras dan angin kencang," katanya, Selasa (23/2/2021).

Dalam perawatan pohon-pohon ini, DLH Kota Jambi memiliki kesulitan dalam pemangkasan. Terlebih pohon yang sudah mencapai 10 meter. 

"Melakukan pemangkasan pohon tidaklah mudah. Bisa dalam satu minggu itu mengerjakan satu area saja yang mana di sana banyak terdapat pohon-pohon besar," ungkap Doddy.

Selain sulit memangkas pohon yang tinggi, dirinya juga mengatakan sulit juga dalam mengatur lalu lintas jalan.

"Sehingga kami sering bekerja sama dengan dinas perhubungan untuk membantu mengatur jalan. Tapi tidak semua area pengerjaan, hanya beberapa area yang dirasa memiliki tingkat kepadatan kendaraan yang tinggi," ujarnya.

Kemudian juga untuk perkabelan di sekitaran pohon pun turut menjadi penghambat pengerjaan perawatan pohon. 

"Pada umumnya yang menjadi kesulitan kami ialah pada lalu lintas, kabel-kabel listrik dan telepon, dan juga pengguna jalan tadi," terangnya.

Doddy pun mengimbau ketika mulai memasuki cuaca ekstrem nantinya, masyarakat diharapkan untuk tidak dekat-dekat dengan pohon pada saat cuaca sedang tidak bersahabat.

"Masyarakat diharapkan untuk tidak berteduh dan parkir di bawah pohon saat terjadi hujan. Dikhawatirkan saat terjadi angin kencang dapat menumbangkan ranting-ranting bahkan pohonnya. Selain itu juga yang ditakutkan adalah petir," imbaunya.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca juga: Gara-gara Modifikasi Motor, Seorang Pelajar di Tebo Terjaring Razia Polisi

Baca juga: HEBOH Video Iis Dahlia Semprot Ayus Sabyan Depan Ustadz Zacky, Sampai Singgung Selingkuh & Setia

Baca juga: Cerita Dewi Perssik Tinggalkan Tunangannya yang Akpol Demi Saipul Jamil: Mungkin Kini Jadi Kapolres

Penulis: Monang Widyoko
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved