Breaking News:

Berita Muarojambi

TPA Sampah Terpusat di Bukit Baling, Dinas Perkim Muarojambi Terkendala Waktu dan Jarak Tempuh

Saat dikehui wilayah Muarojambi ini dikelilingi Kota Jambi, dan memiliki jarak yang sangat jauh dalam pengangkutan sampah ke Bukit Baling.

Tribunjambi/Hasbi
Tumpukan Sampah Berserakan di Kawasan RSUD Ahmad Ripin 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah rumah tangga di wilayah Kabupaten Muarojambi hanya terpusat di Paal VIII Desa Bukit Baling, Kecamatan Sekernan.

Dengan demikian menjadi kendala Dinas Perkim untuk mengangkut sampah rumah tangga dari jarak berjauhan.

Saat dikehui wilayah Muarojambi ini dikelilingi Kota Jambi, dan memiliki jarak yang sangat jauh dalam pengangkutan sampah ke Bukit Baling.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Jambi Sepekan ke Depan, Beberapa Daerah akan Alami Curah Hujan Tinggi

Baca juga: Wali Kota Jambi Penyitas Covid-19 Sudah Divaksin, Titer Antibodi Dites Dahulu

Baca juga: Prediksi Pertandingan Liga Champions, Lazio vs Bayern Munchen Live Streaming TV Online

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perkim Kabupaten Muarojambi Safrinal mengatakan (TPA) sampah rumah tangga harusnya tidak mesti tersentral di Bukit Baling.

Ia juga berharap memiliki tempat pembuangan akhir yang memiliki jangkauan yang dekat, seperti daerah Sungai Gelam dan daerah Bahar tidak dibawa ke Desa Bukit Baling lagi.

"Ini rencana kita kedepan, untuk tidak tersentral di Bukit Baling saja, supaya pengelolaan dan pengangkutan sampah bisa efektif sehingga tumpukan sampah tidak berserakan terlalu lama sebelum di tangani oleh petugas kita,"kata Safrinal Senin (22/2/2021).

Ia juga mencontohkan, seperti tumpukan sampah yang berada di Sungai Gelam memerlukan waktu dan biaya yang besar untuk mengangkut sampah tersebut ke Desa Bukit Baling.

"Setidaknya kedepan kita tidak terpusat pada TPA Bukit Baling saja, paling tidak kita juga akan adakan TPA yang dekat dengan daerah sana,"ujarnya.

Untuk tempat TPA yang mereka rencanakan belum ditentukan, dan masih memerlukan waktu dan beberapa kajian dan tempat yang strategis dan jauh dari pemukiman warga.

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved