Breaking News:

Berita Kota Jambi

80 Guru di Bawah Naungan Disdik Provinsi Jambi Dimutasi Mengajar Ke Sekolah Asal

Untuk mentertibkan ini, Sekda Provinsi Jambi bahkan telah menyurati Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi...

Penulis: Zulkipli | Editor: Nani Rachmaini
Zulkifli azis
Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Bukri 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi hingga saat ini telah mengembalikan kurang lebih sebanyak 80 orang guru untuk mengajar di sekolah asalnya.

Sebelumya, para guru-guru tersebut telah pindah tugas mengajar hanya berdasarkan surat perintah tugas (SPT) Kadisdik. Mereka tidak lagi mengurus SK definitif yang dikeluarkan Gubernur. 

"Inikan memang ada persoalan kita selama ini, pindah mengajar itu SPT nya dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan. Dan ini juga dimanfaatkan guru, untuk tidak mengurus SK definitifnya," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Bukri.

Menurut Bukri, ini harus diperbaiki, sebab SPT Kadisdik tidak bisa mengalahkan SK Gubernur. 

"Karena ini kebijakan tidak populer tentu banyak protes. Tapi ini harus kita perbaiki," ujarnya.

Ditambahkan Bukri, jika guru tersebut benar-benar ingin berpindah tugas mengajar, harus membuat surat permohonan baru, tidak dengan SPT lagi. Melainkan langsung SK definitif dari Gubernur. 

Sebelumnya Sekda Provinsi Jambi Sudirman mengungkapkan banyak guru di bawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi yang pindah tugas mengajar atau mutasi tempat kerja hanya menggunakan surat perintah tugas (SPT) dari Kepala Dinas Pendidikan. 

Ini sudah berlangung lama, dan ditengarahi menyalahi aturan. Karena, prinsipnya penempatan tugas guru pada awal diangkat berdasarkan surat keputusan gubernur. Surat keputusan Gunernur tersebut tidak boleh dikalahkan dengan Surat Perintah Tugas dari Kepala Dinas.

Untuk mentertibkan ini, Sekda Provinsi Jambi bahkan telah menyurati Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi pada tanggal 18 Januari 2021 lalu, melarang penggunaan Surat Perintah Tugas Kepala Dinas untuk mutasi guru antar sekolah maupun mutasi ke Dinas.

Baca juga: Siapa Penerima 500 Ribu Lebih Dosis Vaksin Tahap Kedua di Jambi? Target Semua ASN dan Pedagang

Baca juga: Ponpes di Kota Jambi Boleh Gelar Kegiatan Belajar Tatap Muka, dengan Syarat dan Ketentuan Berikut

Baca juga: Puluhan Kali Beraksi Pengedar Sabu, Dua Pelajar Asal Jambi dan Jakarta Diringkus BNNP Jambi

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved