Breaking News:

Berita Sarolangun

Ini Jumlah Lahan yang Terbakar di Taman Nasional Bukit Duabelas Kurun Tiga Tahun Terakhir

Taman Nasional Bukit Duabelas memiliki berbagai macam zonasi, zonasi yang pernah terbakar pada tahun-tahun sebelumnya yakni di zona Tradisional.

Istimewa
Ilustrasi Karhutla di Sarolangun 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Menurut data dari Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD), luasan lahan yang pernah terbakar pada 2020 lalu ada tiga titik api.

Peri Hermansyah Kordinator polisi hutan TNBDH mengatakan kepada Tribun Jambi, pada 2020 sekitar enam hektar lahan di Taman Nasional Bukit Duabelas terbakar dengan tiga titik api.

"Ada dua penyebab kebakaran lahan di areal TNBD, dari pembukaan lahan dan dari luar kawasan, rambatan dari luar kawasan," ungkap Heri, Kamis (18/2/2021).

Ia menjelaskan, pada musim kemarau pihaknya tidak bisa menghindari kegiatan orang rimba di dalam kawasan, sebab beberapa ada yang membersihkan lahan. Untuk mengulangi hal tersebut pihak TNBD melakukan patroli dan bila bertemu dengan masyarakat adat yang ingin melakukan pembersihan lahan maka polhut akan melakukan sosialisasi.

"Artian sosialisasi itu agar mereka membuat sekat ataupun batas-batas agar tidak meluas," katanya.

Taman Nasional Bukit Duabelas memiliki berbagai macam zonasi, zonasi yang pernah terbakar pada tahun-tahun sebelumnya yakni di zona Tradisional.

"Zona Tradisional, memang di peruntukan zona kegiatan ada kebun orang rimba, sebab kegiatan lebih banyak di zona itu," katanya.

Menurut Peri, dari data Taman Nasional Bukit Duabelas puncak kebakaran hutan terjadi pada 2019 dengan luas lahan yang terbakar 35 hektar terletak di tiga titik.

"Kalau 2018 ada lima titik api dengan luas lahan yang terbakar 8 hektar lahan," katanya.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Tanjabtim Masih Menghkhwatirkan, Disdik Perpanjang PTM Hingga 1 Maret

Baca juga: Gara-gara Sandi Facebook, Ayah Kandung di Mesuji Siksa Balita 20 Bulan, Begini Pengakuan Pelaku

Baca juga: VIDEO Kisah Ratusan Warga Desa di Tuban Tiba-tiba Jadi Miliarder, 176 Mobil Didatangkan

Penulis: Rifani Halim
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved