Breaking News:

Lawan Covid 19

Penderita Komorbid Perlu Pernyataan, Realisasi Vaksinasi di Provinsi Jambi 73,58 Persen

Hingga Rabu (17/2) realisasi upaya vaksinasi tahap pertama di Provinsi Jambi telah mencapai angka 73,58 persen. Plt Kepala Dinas Kesehatan

Tribunjambi/Mareza
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Raflizar (kiri) didampingi Juru Bicara Satgas Covid-19 Johansyah, saat diwawancarai awak media di Kantor Gubernur Jambi, Rabu (17/2/2021) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hingga Rabu (17/2) realisasi upaya vaksinasi tahap pertama di Provinsi Jambi telah mencapai angka 73,58 persen. Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Raflizar menyebut, jika diangkakan, vaksin itu telah sampai pada 17.547 orang atau sasaran.

"Vaksinasi tahap pertama ini lebih difokuskan ke tenaga kesehatan, aparat keamanan TNI-Polri, serta sejumlah orang di jajaran pemerintahan," ulas Raflizar, Rabu (17/2).

Belum tercapainya vaksinasi 100 persen di Provinsi Jambi ini, lantaran ada sejumlah sasaran yang belum bisa divaksin. Di antaranya, mereka yang mengalami penyakit komorbid (penyakit penyerta), sehingga proses vaksinasi ditunda.

Namun belakangan, sejak adanya surat edaran Kemenkes yang menyatakan penderita komorbid bisa divaksin, dia berharap proses vaksinasi yang sempat tertunda bisa dilanjutkan. Meski begitu, bagi penderita komorbid, perlu adanya pernyataan dari pihak berwenang, dalam hal ini tenaga medis, untuk menyatakan bahwa sasaran aman untuk menerima vaksin.

Selain itu, vaksinasi bagi penderita komorbid dan lansia juga hanya dapat dilakukan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes), seperti Puskesmas dan rumah sakit.

Raflizar mencontohkan, untuk penderita hipertensi yang sebelumnya bisa divaksin jika tekanan darah berada di bawah 160 mmHg, kini bisa dilakukan untuk tekanan darah di bawah 180 mmHg. Sama halnya dengan penderita diabetes, kanker, hingga ibu menyusui.

Kendati vaksinasi bisa dilakukan, namun mengulangi perlu adanya pengawasan lebih dari tenaga medis, sehingga vaksin tetap aman disuntikkan. Dengan demikian, dia berharap sasaran vaksin akan semakin luas ke depannya, sehingga target segera tercapai.

"Ditargetkan, tercapai 90 persen sebelum bulan puasa (Ramadan)," ujarnya.

505.199 Orang Target Vaksinasi Kedua

PEMERINTAH menyasar 505.199 orang akan divaksin pada tahap kedua mendatang. Plh Gubernur Jambi, Sudirman menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan sasaran vaksinasi.

Halaman
12
Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved