Breaking News:

Berita Muarojambi

Kapolres Pimpin Patroli dan Sosialisasi Pencegahan Karhutla, Masyarakat Diimbau Jangan Bakar Lahan

Polres Muarojambi beserta jajarannya melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hingga kawasan PT Pesona Rimba Belantara.

tribunjambi/hasbi sabirin
Polres Muarojambi beserta jajarannya sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hingga kawasan PT Pesona Rimba Belantara. 

Kapolres Pimpin Patroli dan Sosialisasi Pencegahan Karhutla, Masyarakat Diimbau Jangan Bakar Lahan 

Laporan wartawan Tribun Jambi Hasbi Sabirin

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Polres Muarojambi beserta jajarannya melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hingga kawasan PT Pesona Rimba Belantara.

Dalam sosialisasi ini, pihak Polres Muarojambi memasang spanduk peringatan dilarang menyalakan api di kawasan lahan hutan produksi di perbatasan Muarojambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sabtu (14/2/2021).

Dikatakan Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto, mereka melakukan kegiatan ini di areal konsesi PT Pesona Rimba Belantara Desa Betung Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muarojambi.

Suntik Vaksin Covid-19 Untuk Tenaga Kesehatan di Puskesmas Jembatan Mas Ditarget 4 Hari Selesai

Fakta Pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Orangtua Atta Tak Hadir di Hari Pernikahan

Nasib Pelakor Bunuh Istri SAH Anggota TNI, Kini Divonis 17 Tahun Penjara, Akting Pura-pura Dibegal

Menurutnya, kawasan yang memiliki struktur lahan gambut sehingga dikhawatirkan muncul nya titik api di saat musim kemarau tiba.

"Hari ini kita melaksanakan patroli dan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Desa Betung Kecamatan Kumpeh Ilir, karena di kawasan itu salah satu pemicu terjadinya karhutla dan memiliki lahan gambut," kata AKBP Ardiyanto.

Ia mengatakan, dalam patroli dan sosialisasi ini, setidaknya mereka bawa 12 spanduk bertuliskan dilarang nyalakan api di kawasan ini, dan telah dipasang sebanyak 9 titik.

Polres Muarojambi beserta jajarannya sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hingga kawasan PT Pesona Rimba Belantara.
Polres Muarojambi beserta jajarannya sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hingga kawasan PT Pesona Rimba Belantara. (tribunjambi/hasbi sabirin)

Kapolres mengimbau kepada masyarakat Muarojambi, jika ingin membuka lahan baik perorangan ataupun secara korporasi tidak boleh dilakukan dengan cara membakar.

"Karena dengan cara begitu selain merusak lingkungan juga berdampak terhadap orang banyak seperti pencemaran udara kabut asap, dan sebagainya," ujarnya.

Tahun Ini Ditargetkan Piala Presiden Digelar di Zabak Sirkuit, Pemkab Lanjutkan Proses Pembangunan

Amanda Manopo Nyaris Mundur di Awal Penayangan Ikatan Cinta, Takut Tidak Jadi Tayang

Dalam patroli ini, mereka juga menemukan titik api di kawasan tersebut, dan diduga dilakukan oleh masyarakat yang sedang melakukan aktivitas nelayan di kawasan aliran kanal tersebut.

"Titik api itu sudah berhasil kita padamkan, kita terus lakukan sosialisasi pencegahan karhutla ini agar tidak nayalakan api di lahan gambut dan bisa menyebabkan karhutla," pungkasnya.

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved