Breaking News:

Berita Bungo

Rokok Tanpa Bea Cukai Bebas Beredar di Bungo, Ini Alasan Peminatnya

Sedangkan Rudi, salah satu pemilik warung enceran yang menjual rokok Luffman menyebutkan rokok ilegal ini didapatnya

Darwin sijabat
Ilustrasi. Rokok tanpa cukai 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Beralasan kondisi ekonomi dan lepas candu, sebagian perokok di Kabupaten Bungo lebih memilih rokok ilegal atau tanpa cukai.

Rokok yang tidak menggunakan pita bea cukai dapat dengan mudah ditemukan hampir semua toko enceran yang berada di Kabupaten Bungo

Setiap penikmatnya dan penjual memiliki alasan yang berbeda bertahan pada produk dari hasil tembakau tersebut. 

Berdasarkan pengakuan warga Bungo, Khoirul menyebutkan ada beberapa merek rokok yang saat ini banyak beredar, dua diantaranya bermerek Luffman dan Lukiman. 

Meski demikian, dua merek rokok tersebut cukup diminati oleh perokok lantaran harga yang relatif murah dibandingkan rokok yang ber bea cukai dan kondisi ekonomi. 

"Harganya cukup murah, cuma Rp 10 ribu per bungkus. Mungkin itu yang membuat banyak perokok beralih menggunakan rokok ilegal. Apa lagi ditengah kondisi ekonomi yang sedang terpuruk saat ini," tutur Khoirul, Rabu (10/2/2021).

"Kalau yang nggak bisa nggak merokok ya rokok itu dibeli, kan rokok umumnya nggak bisa dibeli. Yang penting merokok," katanya.

Namun dengan bebasnya rokok ilegal itu di wilayah Kabupaten Bungo, Khoirul tetap berharap adanya tindakan tegas dari pihak berwenanang seperti Bea Cukai. Jika tidak, maka penghasilan negara yang akan merugi.

"Rokok ini bukannya baru beredar di wilayah Kabupaten Bungo. Saya saja sudah lebih dari satu tahun memakai rokok Luffman ini. Peminatnya sudah banyak, jadi seharusnya perusahaan ini harus sudah legal dan bayar pajak," tegasnya berharap.

Sedangkan Rudi, salah satu pemilik warung enceran yang menjual rokok Luffman menyebutkan rokok ilegal ini didapatnya dari sales yang memasarkan kesetiap warung.

"Kalau kita juga tidak tahu rokok ini ilegal. Kami membeli kadang dengan sales, tapi informasinya dibeberapa toko grosir di Bungo juga ada yang menjual rokok ini. Jadi rokok ini bisa didapat dengan mudah," katanya singkat. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Meradangnya Putri Anne, Arya Saloka Diramal Cinlok dengan Amanda Manopo di Ikatan Cinta: Bismillah

Rena Oktapia, Adik Perempuan Olga Syahputra yang Jarang Tersorot, Paras Cantiknya Buat Terpesona

Travel Haji dan Umroh di Jambi Makin Tiarap

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved