Breaking News:

Berita Jambi

Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jambi 2020 Terkontraksi 0,46 Persen

Perekonomian Provinsi Jambi  2020 berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 206,85 triliun

TRIBUN JAMBI/FITRI AMALIA
ILUSTRASI Pertumbuhan ekonomi Jambi. Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jambi 2020 Terkontraksi 0,46 Persen 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Vira Ramadhani

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Perekonomian Provinsi Jambi  2020 berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 206,85 triliun dan PDRB Perkapita mencapai Rp56,24 juta.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, Wahyudin menyampaikan Ekonomi Provinsi Jambi tahun 2020 terkontraksi 0,46 persen.

“Dari sisi produksi, kontraksi terjadi pada sebagian lapangan usaha, dengan kontraksi terdalam berasal dari Transportasi dan Pergudangan sebesar 14,43 persen,” ujarnya beberapa hari yang lalu, saat menyampaikan rillis berita Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jambi secara virtual, Jum’at (05/02/2021).

Jadi Bridesmaid Pernikahan Margin Winaya, Lesty Kejora dan Juwita Salshadilla Kompak Bawa Pasangan

Arab Saudi Masih Tutup Akses Masuk, 670 Jamaah Umrah Indonesia Masih Tertahan

Promo Indomaret Hari Ini Hingga 15 Februari 2021, Diskon Susu Diapers Kebutuhan Dapur dan Rumah DLL

“Sedangkan pertumbuhan tertinggi disumbang oleh Lapangan Usaha Informasi dan Komunikasi sebesar 8,48 persen,” tambahnya.

Wahyudin mengatakan, Pandemi covid-19 yang terjadi hampir di sepanjang tahun 2020 menyebabkan pembatasan kegiatan seperti sekolah dan bekerja.

“Kegiatan yang dilakukan dari rumah saja dan dilakukan secara daring, meningkatkan aktivitas Informasi dan Komunikasi,” jelasnya.

Demikian juga sebaliknya, pembatasan kegiatan dan mobilitas mengakibatkan turunnya aktivitas transportasi terutama angkutan udara.

“Bahkan bandara Depati Parbo di Kerinci dan bandara Muaro Bungo beberapa bulan di tahun 2020 sempat tidak ada aktivitas penerbangan komersil sama sekali,” ucapnya.

Bandara Depati Parbo
Bandara Depati Parbo (TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA)

Sementara itu, berdasarkan sumber pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi tahun 2020, sumber pertumbuhan tertinggi berasal dari Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 0,40 persen, diikuti Informasi dan Komunikasi sebesar 0,35 persen, serta Jasa Keuangan dan Asuransi sebesar 0,15 persen.

Halaman
12
Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved