Breaking News:

Sejarah Jambi

WIKIJAMBI Peradaban di Jambi Sejak Masa Prasejarah, Mengenal Suku-suku di Jambi Masa Dulu

Mulai dari Suku Kerinci yang mendiami sekitar Kerinci, Suku Batin, Suku Bangsa Dua Belas, Suku Penghulu, sampai Suku Anak Dalam.

tribunjambi/nurlailis
Suku Anak Dalam 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Peradaban Jambi diperkirakan sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Sebelum masa kerajaan, peradaban di Jambi diperkirakan masih dalam zaman purba.

Sebagaimana yang disampaikan sejarawan Jambi, Junaidi T Noor (almarhum) dilansir dari disdik.jambiprov.go.id, etnik yang pertama menghuni Jambi adalah etnik Melayu.

Seiring waktu, etnik tersebut berkembang menjadi beberapa suku. Mulai dari Suku Kerinci yang mendiami sekitar Kerinci, Suku Batin, Suku Bangsa Dua Belas, Suku Penghulu, sampai Suku Anak Dalam.

Penduduk Jambi terbentuk dari perpaduan berbagai kelompok etnik, baik penduduk asli maupun pendatang. Penduduk asli Jambi terdiri atas Suku Bangsa Kubu, Kerinci, Batin, Orang Laut atau Bajau, Orang Penghulu, Suku Pindah dan Orang Melayu.

Sedangkan penduduk pendatang berasal dari Palembang, Minangkabau, Jawa, Batak, Bugis, Banjar dan sebagainya.

Selain itu orang-orang Tionghoa, Arab dan India juga merupakan bagian dari pengayaan suku atau asimilasi penduduk Jambi.

Suku Bangsa Kubu atau disebut Suku Anak Dalam (SAD) merupakan suku bangsa yang paling awal datang ke Jambi sekitar 4.500 tahun sebelum masehi. Asal usul Suku SAD masih belum dapat dipastikan, ada yang berpendapat bahwa SAD merupakan penduduk Sriwijaya yang diserang oleh Kerajaan Chola India, Kerjaan Singosari dan Majapahit.

Suku Bangsa Kerinci merupakan penduduk kedua yang datang ke Jambi.

Mereka diperkirakan berasal dari Hindia Belakang yang datang melalui Semenanjung Malaka terus ke hulu menyusuri Batanghari mencari daerah subur yaitu Kerinci.

Halaman
12
Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved