Breaking News:

Kuliner

Hadirkan Gabus Pucung Khas Betawi, Paket Makan Nikmat Rp225 Ribu di Hotel Aston Jambi

Hotel Aston Jambi menghadirkan menu baru di awal tahun 2021 ini. Menu khas Betawi Ikan Gabus Pucung menjadi pilihan hotel bintang lima

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Fifi Suryani
ISTIMEWA
Paket menu khas Betawi Ikan Gabus Pucung lengkap dengan Tempe Mendoan, Ikan Asin Bulu Ayam, Lalapan Sambal Terasi, Tumis Teri, Kerupuk Emping, Bir Pletok/Es Teh, serta aneka kue pancong. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hotel Aston Jambi menghadirkan menu baru di awal tahun 2021 ini. Menu khas Betawi Ikan Gabus Pucung menjadi pilihan hotel bintang lima ini dalam memanjakan konsumen setianya.

Dipilihnya menu ikan gabus ini sebagai menu andalan 2021 karena ikan merupakan makanan yang dikenal lezat dan bergizi baik. Bahkan beberapa literatur menyebutkan, ikan gabus ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan manusia.

Peneliti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuktikan, ekstrak ikan gabus dapat menjadi obat penyakit diabetes.

Ekstrak ikan gabus diklaim dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan pankreas yang rusak.

Kerusakan jaringan pankreas sendiri, dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik atau kadar gula berlebih dalam darah.

Executive Chef Aston Hotel Jambi, Andi Wahyudi mengatakan gabus pucung adalah sajian ikan berkuah hitam yang mirip seperti rawon. Dengan citarasa asin, gurih, dan pedas yang cukup dominan.

“Rasa gurih yang dihadirkan kuahnya berasal dari bumbu kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, daun salam, dan buah pucung (kluwek)." ujar Andi Wahyudi selaku Executive Chef melalui rilis yang diterima Tribun, Rabu ( 20/1).

Untuk plating, biasanya mengunakan cabe utuh dan daun bawang yang dipotong kecil serta sereh, sehingga menghadirkan kaya warna dalam satu sajian. Gabus pucung sangat nikmat disantap bersama nasi putih hangat.

Dalam proses memasaknya menggunakan banyak rempah dan wajib menggunakan ikan gabus pilihan.

Di Hotel Aston Jambi, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp225 ribu untuk dapat menikmati paket makan ini untuk empat orang, yang terdiri dari nasi putih, 1 Paket Gabus Pucung, Tempe Mendoan, Ikan Asin Bulu Ayam, Lalapan Sambal Terasi, Tumis Teri, Kerupuk Emping, Bir Pletok/Es Teh, serta aneka kue pancong.

Sementara itu, gabus pucung sendiri saat ini tercatat sebagai satu diantara 96 warisan budaya Indonesia dan satu dari delapan warisan yang berasal dari DKI Jakarta. Gabus pucung merupakan lauk sekaligus sayur untuk teman menyantap nasi.

Gabus pucung merupakan satu diantara jenis makanan khas Betawi yang kian hari kian langka dengan bahan utama ikan gabus.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved