Breaking News:

Ratusan Honorer Dirumahkan, Aspan: Akan Dipanggil Lagi Dipilih yang Cakap

Ratusan tenaga kontrak (honorer) di Dinas PUPR Kabupaten Merangin dirumahkan sementara.

Tribunjambi/Muzakkir
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Merangin Aspan. 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Ratusan tenaga kontrak (honorer) di Dinas PUPR Kabupaten Merangin dirumahkan sementara.

Tenaga kontrak tersebut sudah tidak masuk kerja sejak awal tahun 2021 lalu. Dirumahkannya honorer tersebut membuat sebagian honorer kebingungan, mereka terpaksa mencari pekerjaan lain untuk menyambung hidup.

"Belum tau camano kedepannyo. Kabarnyo mau dipanggil lagi, tapi dak tau kapan," kata seorag honorer.

Menurut dia, ada beberapa orang temannya yang memang menggantungkan hidupnya dengan kerja di sana.

"Kalau kami yang masih bujangan ini dak pulo bingung, makan balik dekat orangtuo. Nah yang laki bini kerjo disano tu yang gawat," katanya.

Terpisah, kepala Dinas PUPR Kabupaten Merangin Aspan membenarkan jika ratusan pegawai kontrak di sana tengah dirumahkan sementara.

"Jumlahnya 143 orang," kata Aspan.

Dirumahkannya tenaga honor tersebut untuk diseleksi ulang, di mana mereka akan mengeluarkan orang-orang yang dianggap tidak cakap dalam bekerja, seperti punya masalah, jarang masuk dinas dan sebagainya.

"Yang betul-betul kinerjanya baik, tidak bermasalah Insya Allah dipanggil lagi, kecuali yang bermasalah seperti menghilangkan duit kemarin, sebulan dak masuk. Itu tidak dipanggil lagi," terang Aspan.

"Insya Allah Senin mulai kita panggil," lanjutnya.

Selain itu, pengurangan ini juga dikarenakan keterbatasan anggaran, dimana untuk APBD saat ini, hanya mampu membayar untuk separoh dari jumlah honorer. Sementara mereka sangat membutuhkan tenaga kontrak tersebut, mengingat tenaga PNS tidak seberapa di sana.

"Kami juga sudah minta arahan dari pimpinan, katanya pakai enam bulan. Setelah itu kalau bisa dianggarkan dari APBD-P," pungkasnya.

Penulis: Muzakkir
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved