Breaking News:

Berita Batanghari

Sumbang PAD Rp 973 Juta, Dishub Batanghari Ditarget 1,3 Miliar, Penyumbang Terbesar Sektor Terminal

Mulai dari retribusi parkir, terminal angkutan barang, pengujian kendaraan bermotor, dan retribusi jasa usaha.

Musawira
Pos penerimaan retribusi di terminal Muara Bulian, Kamis (7/1/2021) (tribubjambi/musa) 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Realisasi retribusi pendapatan asli daerah (PAD) dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batanghari, selama 2020 tak mencapai target.

Target pendapatan yang dibebankan pemerintah kepada Dishub sebesar Rp1,3 miliar hingga 2020 berhasil mendapatkan sebesar Rp 973 juta.

Kabid Penataan Lalu Lintas dan Terminal Dinas Perhubungan Kabupaten Batanghari, Dwi Wasto Asmi mengatakan dari capaian tersebut retribusi penyumbang terbesar berasal dari retribusi terminal angkutan barang.

“Retribusi terminal kita ditargetkan senilai Rp 679 juta, terhitung akhir 31 Desember mencapai Rp 701 juta atau 103 persen,” kata Dwi Wasto, Kamis (7/1/2021).

Pencapaian realisasi sebesar Rp973 juta itu, kata Wasto, berasal dari seluruh retribusi yang dikelola Dishub Batanghari. 

Mulai dari retribusi parkir, terminal angkutan barang, pengujian kendaraan bermotor, dan retribusi jasa usaha. Akibat Covid-19, semua retribusi itu menurun.

Lebih lanjut Wasto, mengatakan selama masa pandemi Covid-19, mobilitas orang dan barang mengalami penurunan secara drastis, sehingga sangat berdampak pada retribusi parkir.

“Retribusi parkir, ada dua. Pertama tempat khusus dan parkir tepi jalan umum, dua duanya tidak mencapai target,” ujarnya.

Parkir tepi jalan umum berhasil mengumpulkan Rp 110 juta dan retribusi khusus tempat parkir Rp 114 juta, semula yang ditargetkan sebesar Rp 300 juta dan Rp 156 juta.

Kendati begitu, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin pada 2021 agar pencapaian PAD yang dibebankan kepada pihaknya mencapai target. 

“2021 ini kita juga usulkan gedung kir, sarana dan prasarannya serta pelatihan SDM, selama ini kita belum memilikinya, jadi itu berdampak kepada PAD,” pungkasnya

(Tribunjambi.com/Musawira)

Penulis: A Musawira
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved