Breaking News:

Satgas Covid-19 Larang WNA Masuk ke Indonesia Hingga 14 Januari, karena Adanya Varian Baru Covid-19 

Satgas Covid-19 menerbitkan regulasi yang berisi larangan bagi warga negara asing (WNA) memasuki wilayah Indonesia 28 Desember hingga 14 Januari 2021.

ist
Kerumunan WNA di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Senin (28/12/2020) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Guna pencegahan masuknya virus corona jenis baru, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menerbitkan regulasi yang berisi larangan sementara bagi warga negara asing (WNA) memasuki wilayah Indonesia.

Hal ini menyusul ditemukannya virus SARS-CoV-2 varian B117 yang bisa menular lebih cepat dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Ketentuan yang tertuang dalam Surat Edaran Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 No.4/2020 secara khusus mengatur pelarangan masuknya warga asing dari semua negara ke Indonesia.

Surat edaran ini berlaku sejak 28 Desember hingga 14 Januari 2021.

Baca juga: Kondisi Terkini Aa Gym Positif Covid-19, Beri Pesan Menyentuh: Mohon Doanya Teman-teman

Adapun untuk WNA yang tiba pada 28 hingga 31 Desember 2020 tetap menggunakan ketentuan dalam addendum SE No. 3.

Regulasi sebelumnya memang mengatur pelarangan masuk WNA, tetapi dalam skala yang terbatas.

Addendum Surat Edaran No. 3/2020, khususnya memperketat pengawasan kedatangan pelaku perjalanan Eropa dan Australia, dan melarang WNA Inggris memasuki Indonesia.

“Ketentuan baru dalam SE No.4, secara lebih luas melarang semua warga negara asing untuk memasuki Indonesia, kecuali pemegang izin tinggal diplomatik, izin tinggal dinas dan pemegang kartu izin tinggal terbatas dan kartu izin tinggal tetap,” tutur Doni dalam siaran pers, Senin, (28/12/2020).

Baca juga: 10 Media Online, Cetak dan Akun Medsos Teraktif Beritakan Covid-19 Pada 2020, Tribunnews Peringkat 2

Doni menegaskan, larangan sementara WNA memasuki Indonesia semata-mata diputuskan pemerintah untuk melindungi masyarakat dan berlaku untuk sementara.

“Sejumlah negara juga diketahui telah memberlakukan ketentuan serupa seperti Jepang. Jadi ini merupakan sebuah langkah umum dalam rangka mencegah dan mengendalikan penularan Covid-19.”

Halaman
1234
Editor: Rohmayana
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved