Breaking News:

Berita Tanjab Barat

Peningkatan Penumpang di Pelabuhan RoRo mulai terlihat, Diprediksi Hingga Awal Bulan 2021

Sejumlah penumpang umum maupun penumpang dengan kendaraan mulai mengalami kenaikan dibanding hari-hari biasanya. Kenaikan ini sudah mulai terjadi pada

tribunjambi/samsul bahri
Pernumpang di Pelabuhan RoRo Kuala Tungkal meningkat jelang akhir tahun. 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Jelang akhir tahun peningkatan arus penumpang di Pelabuhan RoRo Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjabbar mulai terlihat.

Sejumlah penumpang umum maupun penumpang dengan kendaraan mulai mengalami kenaikan dibanding hari-hari biasanya. Kenaikan ini sudah mulai terjadi pada jelang natal hingga, Selasa (29/12/2020).

Pantauan tribunjambi.com di pelabuhan RoRo, Selasa pagi, tampak sejumlah kendaraan muatan barang dan penumpang turun dari Kapal KMP Satria Pratama yang tiba dari Batam.

Baca juga: Rumah Penyiksaan Enam Laskar FPI Ternyata Hoaks, Komnas HAM Nilai Banyak Penyesatan Informasi

Sejumlah penumpang yang datang satu persatu diminta untuk mencuci tangan yang kemudian di lanjutkan pemeriksaan surat keterangan non reaktif dari hasil rapid test yang dibawa oleh masing-masing penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjabbar, Syamsul Jauhari yang berada di Pelabuhan menyebutkan bahwa penerapan protokol kesehatan masih tetap dilakukan. Hal ini kata Syamsul sudah dilakukan sejak adanya pandemi Covid-19.

"Prokes tetap kita jalankan, 3M itu wajib dilakukan dan kita tetap lakukan pemeriksaan kepada seluruh penumpang, baik umum maupun penumpang kendaraan kita minta tunjukan suket non reaktif covid hasil rapid tes," ungkapnya.

Baca juga: Pemerintah Perpanjang Subsidi Bunga dan Plafon Pinjaman, Syarat KUR di Bank BRI, BNI, Mandiri, BTN

Lebih lanjut disampaikannya bahwa sejumlah penumpang juga di data terkait dengan tujuan akhir setelah dari pelabuhan. Identitas penumpang dan nomor HP juga didata dengan memberi imbauan untuk melapor ke ketua RT dan Puskesmas terdekat.

"Kita menghimbau kepada seluruh penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, kemudian juga ketika sampai di tempat tujuan untuk melapor ke ketua RT dan puskesmas terdekat," ungkapnya.

Tidak hanya itu, sejumlah barang bawaan penumpang juga turut di lakukan pemeriksaan oleh petugas. Ini juga dilakukan sebagai antisipasi terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan yang mengarah pada tindakan kriminal.

Baca juga: Tiba-tiba Fadli Zon Panas dan Tantang Menteri Agama Yaqut Cholil, Apa Urusannya Menag Ngurusi Ini

Di sisi lain, terkait dengan kenaikan penumpang ini, disampaikan oleh Syamsul bahwa sampai dengan awal bulan di tahun 2021 di mungkinkan masih akan terjadi kenaikan penumpang. Meskipun demikian soal armada kapal kata Syamsul tidak ada penambahan.

"Kemungkinan sampai dengan awal bulan di tahun baru masih ada kenaikan penumpang," pungkasnya.

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved