Breaking News:

Universitas Indonesia Bersama Universitas Jambi Meluncurkan Program Kampung Iklim

Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan (DPPM) Masyarakat Universitas Indonesia melaksanakan ‘Pengabdian Masyarakat skema kerja sama

Istimewa
Program Kampung Iklim: Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Untuk Desa Hijau Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, sejak April sampai Desember 2020. 

Universitas Indonesia Bersama Universitas Jambi Meluncurkan Program Kampung Iklim

TRIBUNJAMBI.COM - Sekolah Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Magister Ilmu lingkungan Universitas Jambi dengan dukungan pendanaan dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan (DPPM) Masyarakat Universitas Indonesia melaksanakan ‘Pengabdian Masyarakat skema kerja sama’ yang diketuai Herdis Herdiansyah dari Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia dan Dr. Ir. Rosyani, MSi 

Pengmas bertemakan Program Kampung Iklim: Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Untuk Desa Hijau Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, sejak April sampai desember 2020. Pada acara terakhir yang diikuti sekitar 20 peserta dilakukan beberapa kegiatan dengan tetap mempergunakan protocol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Tutorial Gambar Penyu Cocok Buat Anak Sekolah Dasar, Ayo Belajar Menggambar!

Baca juga: Tutorial Gambar Penyu Cocok Buat Anak Sekolah Dasar, Ayo Belajar Menggambar!

Baca juga: Link Streaming Ikatan Cinta RCTI Malam Ini 28 Desember, Elsa Takut dengan Ancaman Aldebaran

"Kegiatan yang dilakukan pada pengabdian masyarakat meliputi, pertama  sosialisasi informasi penguatan daya tahan masyarakat terhadap perubahan iklim, kedua penguatan kebijakan desa dalam rangka mitigasi perubahan iklim, ketiga pendampingan dan pelatihan pemanenan air hujan, dan penghematan penggunaan air,  keempat penanaman Pohon atau urban farming dan terakhir Pengelolaan sampah dan limbah padat untuk mewujudkan konsep zero waste,” ujar perwakilan dari UI,Dr Herdis.

Menurut Dr Herdis, terdapat sejumlah hal penting dalam pelaksanaan keberlanjutan Program Kampung Iklim di Desa Tangkit Kecamatan S. Gelam Kabupaten Muaro Jambi, diantaranya adalah, pada lokasi Kecamatan belum terdapat TPA (Tempat Penampungan Akhir) dan tempat penampungan  sementara Limbah Padat.

Baca juga: Pamit ke Warung, Pengantin Baru Menghilang, Suami Sampai Panik dan Minta Bantuan Mantan Pacar Istri

Baca juga: Tiga Zodiak ini Diramalkan Kurang Beruntung Dalam Minggu ini Hingga 3 Januari 2021

 “Saat ini limbah padat organik diolah dijadikan pupuk organik dan digunakan untuk tanaan tanaman sayur-sayuran. Selain itu, air masih menjadi masalah di lokasi pertanian hortikultura, petani melaksanakan kegiatan usahatani masih bersifat individu dan belum berkelompok, jenis tanaman pohon dan tanaman pohon kehidupan masih belum mendominasi, sehingga keuntungan ekonomi masyarakat desa masih dikuasai oleh pedagang pengumpul,” katanya.

 Koordinasi antara Dinas PERKIM (Perumahan dan Pemukiman Rakyat) Kabupaten Muaro Jambi dan DLH Kota untuk menampung sampah Desa Tangkit adalah solusi sementara, sebelum TPA di Bangun di Kecamatan Sungai Gelam. Pemuda Desa akan menyusun AD/ART untuk pembentukan Koperasi.

 Pengusulan pendampingan untuk program Kampung Iklim. Kemudian mengusulkan untuk perangkat dan aksesibilitas bagi kendaraan sampah organik. Sampah organik akan ditingkatkan pengelolaan sehingga bernilai ekonomis bagi masyarakat sekaligus meningkat kualitas kelestarian lingkungan Desa Tangkit dan dapat mendukung program GRK dan mengurangi dampak peningkatan iklim global.

Baca juga: Cerita Horor Kuburan Jaran, Misteri Istri Gono yang Disebut Bukan Manusia, Ngeri

Baca juga: Selalu Ditolak saat Diminta Berzina, Oknum PNS Bacok Kekasihnya di Depan Ayah Kandung Korban

Kepala Desa, Supadi menyatakan, ia sangat berharap Program Kampung Iklim  dapat dilaksanakan oleh masyarakat Desa Tangkit, dan menyambut baik pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh DPPM UI melalui Sekolah Ilmu Lingkungan  UI dan Magister Ilmu Lingkungan, Unja.

Hadir juga Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi, Drs. Royan dan Kasubag Perencanaan Program Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi, M. Amin.  Penyelanggara berharap dengan kehadiran unsur pemerintah menjadi penguat agar pelaksanaan Program Kampung Iklim tetap berlanjut.

“Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi akan mendukung Program Kampung Iklim di Desa Tangkit dan mendukung kegiatan yang akan direncanakan dan dapat dimasukan ke dalam program pada Tahun 2021,” ujar Sekretaris DLH Kab Muaro Jambi, Royan.

Baca juga: INILAH Syarat & Jadwal Pendaftaran Calon Tamtama PK TNI AL Gelombang I TA.2021, Minimal Lulusan SMP

Baca juga: DJ Dinar Candy Keluarkan Celana Dalam, Suka Warna Oranye Model Jaring-Jaring; Semilir!

 Sementara itu, satu warga desa, Fadli, mengatakan supaya pemuda desa diberi pemberdayaan tentang pemanfaatan sampah dan penanaman pohon yang mampu untuk menyimpan banyak air. “Kami membutuhkan pendamping desa,” katanya. 

Diakhir pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dilakukan penanaman tanaman buah jengkol, alpukat dan buah sirsak, dengan makna pohon tersebut akan tumbuh dan berbuah. Tidak ditebang pohonnya tapi dapat dipetik buahnya. Seluruh peserta menanam tanaman buah di kebun dan di halaman rumah.

Baca juga: Risma Sisir Pemulung di Kawasan Sungai Ciliwung, Masak Terus Gini, Mau Ya!

Baca juga: Kriteria Pria Idaman Agnez Mo, Tidak Memikirkan Karier ataupun Materi

Baca juga: BEGINI Kabar Pasien Hingga Nasib Perawat yang Hubungan Sesama Jenis di Wisma Atlet dan Bikin Heboh

Diakhir kegiatan, ketua pelaksana sekaligus penanggung jawab pengmas di Jambi, Herdis herdiansyah mengatakan bahwa pada 2020 ini ada 4 kegiatan pengabdian masyarakat di Jambi yang bekerja sama dengan beberapa mitra dan bentuk kegiatan.

Dari mulai maggot dan ekonomi, manajemen gambut berbasis hukum dan masyarakat, suku anak dalam dan proklim. Diharapkan memberi manfaat kepada masyarakat dan menjadi awal yang baik untuk dapat bekerjasama. 

Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved