Breaking News:

Penanganan Covid

Siap-siap Januari Belajar Tatap Muka Dimulai, Pemerintah Ingatkan Kesehatan dan Keselamatan Siswa

Siap-siap Januari Belajar Tatap Muka Dimulai, Pemerintah Ingatkan Kesehatan dan Keselamatan Siswa

Editor: Heri Prihartono
outlookafghanistan.net
Ilustrasi belajar tatap muka di Jepang 

TRIBUNJAMBI.COM - Awal tahun 2021 dimulai dengan masuk sekolah atau belajar tatap muka.

Pemerintah akhirnya menjawab polemik terkait pertanyaan masuk sekolah tatap muka kapan?

Meskipun diperbolehkan belajar tatap muka tapi harus memenuhi ketentuan dan persyaratan.

Mendikbud Nadiem Makarim memberikan keterangan pers terkait penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran baru di masa Covid-19, Senin (15/6/2020).
Mendikbud Nadiem Makarim memberikan keterangan pers terkait penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran baru di masa Covid-19, Senin (15/6/2020). (Tangkapan layar kanal Youtube Kemendikbud)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengingatkan kembali kepada pemerintah daerah untuk memenuhi sejumlah hal dalam penerapan pembelajaran tatap muka.

Pemerintah daerah diminta memperhatikan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat.

Setiap sekolah juga wajib memenuhi daftar periksa yang telah ditetapkan Kemendikbud.

"Mulai dari penentuan pemberian izin oleh pemerintah daerah, kanwil atau Kantor Kemenag, pemenuhan daftar periksa oleh satuan pendidikan, serta kesiapan menjalankan pembelajaran tatap muka," ungkap Jumeri.

Seperti diketahui, pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19 yang telah diumumkan pada tanggal 20 November 2020.

Dalam SKB tersebut, pemerintah melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan penguatan peran pemerintah daerah/kantor wilayah (kanwil)/kantor Kementerian Agama (Kemenag) sebagai pihak yang paling mengetahui dan memahami kondisi, kebutuhan, dan kapasitas daerahnya.

Pemberian kewenangan penuh dalam menentukan izin pembelajaran tatap muka tersebut berlaku mulai semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021, di bulan Januari 2021.

BATANGHARI BERSIAP

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved