Breaking News:

Berita Tanjab Timur

Selain Situs Makam Siti Hawa, Naskah Sejarah Tanjabtim Masuk Rencana Aksi Jalur Rempah Nusantara

Selain ekskavasi situs Makam Siti Hawa untuk menunjang rencana aksi Jalur Rempah Nusantara, Pemkab Tanjab Timur juga menyusuh Naskah Kuno Otentik

tribunjambi/abdullah usman
Kepala Litbangda Tanjung Jabung Timur, Zekki. Selain Situs Makam Siti Hawa, Naskah Sejarah Tanjabtim Masuk Rencana Aksi Jalur Rempah Nusantara 

Selain Makam Situs Siti Hawa, Naskah Sejarah Tanjabtim Masuk Rencana Aksi Jalur Rempah Nusantara

Laporan wartawan Tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Selain ekskavasi situs Makam Siti Hawa untuk menunjang rencana aksi Jalur Rempah Nusantara, Pemkab Tanjab Timur juga menyusuh Naskah Kuno Otentik Tanjabtim.

Kepala Litbangda Tanjab Timur Zekki, mengatakan, dalam waktu dekat ini tidak hanya ekskavasi situs Makam Siti Hawa saja yang menjadi target untuk mengsukseskan rencana aksi jalur rempah Nusantara. 

Namun, pihaknya juga mengajukan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terkait penyusunan naskah otentik kesejarahan Tanjung Jabung Timur.

Baca juga: Terkait Jalur Rempah Nusantara, Mencuat Wacana Ekskavasi Situs Makam Siti Hawa di Desa Lambur

Baca juga: Download Lagu MP3 Nissa Sabyan Full Album, Ada Video Religi Spesial Habib Syech Nonstop Terbaru

Baca juga: Risma Mulai Blusukan di Jakarta Sampai Anies Baswedan Kena Sindir, Biar Pak Anies yang Benerin

"Saat ini kita Kabupaten belum ada memiliki sejarah otentik terkait sejarah Tanjung Jabung Timur. Dengan harapan melalui jalur aksi ini kita bisa lebih mengetahui sejarah lebih jauh Tanjung Jabung Timur," ujarnya.

Untuk itu, sejauh ini baru ada dua target itu yang kita persiapkan dan telah diajukan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk rencana aksi. 

"Memang jika berbicara untuk anggaran memang sangat besar, namun minta juga sudahkan beberapa skenario dan rencana," ujarnya.

Lokasi situs Makam Siti Hawa di Desa Lambur Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Lokasi situs Makam Siti Hawa di Desa Lambur Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur (tribunjambi/abdullah usman)

Sebelumnya, Kepala BPCB Provinsi Jambi, Dr Agus Widiatmoko mengatakan, terkait persiapan jalur rempah Nusantara yang merupakan kerja sama antara Kementrian Kebudayaan RI bersama Pemda Tanjabtim dan lintas OPD yang akan berjalan pada 2021-2024 mendatang.

Semisal pada Dinas Budparpora, dari dinas tersebut program apa saja yang dapat menunjang jalur rempah nusantara ini bisa terkait kebudayaan, situs situs cagar budaya yang berhubungan dengan jalur rempah nusantara.

Halaman
12
Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved