Pilkada Medan 2020

Menantu Jokowi Habiskan Dana Kampanye Rp 14 Miliar, Menang Pilkada Medan, Akhyar-Salman Gugat ke MK

Bobby Nasution dan Aulia Rachman menerima sumbangan dalam bentuk uang, barang dan jasa sekitar Rp 18,5 miliar. Dana yang digunakan Rp 14 miliar

Editor: Rahimin
(Tribun Medan/Riski Cahyadi)
Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan nomor urut satu, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi (kiri) dan pasangan nomor urut dua, Bobby Nasution-Aulia Rahman (kanan) Sabtu (5/12/2020) malam. Menantu Jokowi Habiskan Dana Kampanye Rp 14 Miliar, Menang Pilkada Medan, Akhyar-Salman Gugat ke MK 

Menantu Jokowi Habiskan Dana Kampanye Rp 14 Miliar, Menang Pilkada Medan, Akhyar-Salman Gugat ke MK  

TRIBUNJAMBI.COM - Pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 sudah dilaksanakan. Di Kota Medan, pasangan Bobby Nasution dan Aulia Rachman yang menang. 

Usai pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan telah menerima laporan dana kampanye kedua paslon Pilkada Medan.

Yakni dari pasangan nomor urut 01 Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi, dan pasangan nomor urut 02 Bobby Nasution dan Aulia Rachman.

Komisioner KPU Kota Medan Zefrizal mengatakan, kedua paslon telah menyampaikan LPPDK (Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye) pada tanggal 6 Desember 2020.

Baca juga: KISAH Perawat Dibantai di Pulau Yang ada di Indonesia,  Vivian Selamat Setelah Berpura-pura Mati

Baca juga: Detik-detik Pesawat Lion Air Berpenumpang 128 Orang Tergelincir di Radin Inten II Saat Hujan Deras

Baca juga: HEBOH, Muncul Mutasi Baru Virus Corona di Inggris, Menyebar Jauh Lebih Cepat dan Tak Terkendali

"Di situ tercatat bahwa penerimaan dana kampanye 01 selama masa kampanye itu baik dalam bentuk uang, barang dan jasa sebesar lebih kurang Rp 2,8 M. Yang digunakan selama masa kampanye sekitar Rp 2,1 M," kata Zefrizal.

Sementara untuk palson 02, Bobby Nasution dan Aulia Rachman menerima sumbangan dalam bentuk uang, barang dan jasa sekitar Rp 18,5 miliar.

Dana yang digunakan Menantu Jokowi, Bobby Nasution dan Aulia Rachman selama masa kampanye sekitar Rp 14 miliar.

"Sekarang mekanismenya adalah diaudit oleh kantor akuntan publik. Kantor akuntan publik sedang mengaudit tentang kebenaran dari laporan yang mereka sampaikan," katanya.

Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu - Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama istrinya, Kahiyang Ayu, menggunakan hak suaranya di TPS 22 komplek Tasbih I, blok VV Jalan Setia Budi.
Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu - Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama istrinya, Kahiyang Ayu, menggunakan hak suaranya di TPS 22 komplek Tasbih I, blok VV Jalan Setia Budi. (net/wartakota)

Dari hasil audit tersebut nantinya akan diberikan opini atau dibuat opini oleh kantor akuntan publik patut atau patuhnya penggunaan dana kampanye.

"Dari yang ditentukan dengan yang dilaporkan jauh dari dana yang ditentukan yaitu sebesar Rp 36 M. Hasil opini itu nanti akan diberikan pada tanggal 21 Desember," ungkap Zefrizal.

Diberitakan sebelumnya, KPU Kota Medan telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Medan di Santika Dyandra Hotel, Medan, Selasa (15/12/2020).

Dari hasil rekapitulasi yang berlangsung mulai pukul 10.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB, pasangan calon nomor urut satu Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi menang di enam kecamatan.

Yaitu di Medan Area, Medan Johor, Medan Marelan, Medan Tembung dan Medan Maimun.

Baca juga: Nikita Mirzani Akui Makin Terangsang Jika Adegan Seksnya Ditonton Karyawannya: Sama Orang Dekat Aja!

Baca juga: Pesawat Lion Air dari Batam Tergelincir di Bandara Radin Inten II Lampung, Seluruh Penumpang Selamat

Baca juga: Asrama Mako Brimob Kelapa Dua Terbakar, Water Canon Dikerahkan Padamkan Api, 16 KK Terdampak

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved