Breaking News:

Inflasi November 2020

Emas Perhiasan Tahan Inflasi November 2020, KpwBI Jambi: Imbas Ditemukannya Vaksin Covid-19

Berdasarkan data BPS Provinsi Jambi, pada November 2020 Provinsi Jambi mengalami inflasi bulanan sebesar 0,56% (mtm).

tribunjambi/yon rinaldi
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Suti Masniari Nasution. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berdasarkan data BPS Provinsi Jambi, pada November 2020 Provinsi Jambi mengalami inflasi bulanan sebesar 0,56% (mtm).

Dengan angka tersebut, maka secara tahunan Jambi mengalami inflasi sebesar 2,61% (yoy) dan secara tahun berjalan tercatat inflasi Jambi sebesar 2,28% (ytd).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution menyampaikan, secara keseluruhan, jenis barang dan jasa yang memberikan andil terbesar adalah komoditas pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau, yaitu daging ayam ras (andil 0,26%), bawang merah (andil 0,06%), dan tomat (andil 0,05%) serta kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya khususnya pasta gigi (andil 0,01%).

“Secara umum, inflasi Provinsi Jambi disebabkan oleh kenaikan harga komoditas daging ayam ras seiring dengan berkurangnya stok di tingkat pedagang eceran akibat pasokan yang berkurang dari peternak,” ujarnya, Senin (14/12).

Sementara, meningkatnya harga bawang merah dan tomat dipengaruhi terbatasnya pasokan akibat memasuki musim hujan yang menyebabkan komoditas ini lebih cepat rusak.

Selanjutnya, inflasi kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya khususnya komoditas pasta gigi terjadi seiring dengan penyesuaian yang dilakukan oleh pelaku usaha di tahun 2020.

“Sementara, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya mengalami deflasi dan menjadi penahan inflasi pada November 2020. Komoditas perawatan pribadi dan jasa lainnya yang menjadi penyumbang utama deflasi, yakni emas perhiasan (andil deflasi 0,03%),” jelasnya.

Komoditas emas perhiasan menjadi penyumbang deflasi utama kelompok ini seiring dengan penurunan harga emas internasional yang didorong oleh menurunnya ketidakpastian di pasar keuangan global menyusul ditemukannya vaksin Covid-19.

Adapun rincian perkembangan inflasi di Jambi adalah sebagai berikut: pertama Kota Jambi, bulanan : 0,57% (mtm), tahun berjalan : 2,35% (ytd) dan tahunan : 2,67% (yoy).

“Inflasi utamanya didorong oleh peningkatan harga yang terjadi pada daging ayam ras (andil 0,27%), bawang merah (andil 0,07%), tomat (andil 0,05%), udang basah (andil 0,05%), dan minyak goreng (andil 0,04%),” kata Suti.

Halaman
12
Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved