Breaking News:

Dishub Provinsi Jambi Berupaya Ambil Alih Jasa Pelabuhan di 12 Mil Laut, Vahrial: Itu Sesuai UU

Pihak Dishub Provinsi Jambi akan meminta dari beberapa item retribusi yang selama ini dikelola oleh Kementrian untuk diambil alih dikelola provinsi se

ist
Kepala Dishub Provinsi Jambi Vahrial Adhi Putra saat survei lokasi pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung. 

TRIBUNJANBI.COM, JAMBI - Dinas Perhubungan Provinsi Jambi akan mengoptimalkan kewenangan pengelolaan wilayah 12 mil laut sesuai UU no 23 tahun 2014.

Satu di antaranya adalah jasa labuh pelabuhan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Vahrial Adhi Putra mengatakan, banyak sekali potensi PAD di sektor ini yang tidak tersentuh oleh Pemerintah Provinsi, padahal diberi kewenagan berdasarkan undang-undang.

Baca juga: Trik Agar Memori HP Tak Cepat Penuh di iPhone, Mulai Ubah Format Foto hingga Hapus Cache

Pihak Dishub Provinsi Jambi akan meminta dari beberapa item retribusi yang selama ini dikelola oleh Kementrian untuk diambil alih dikelola provinsi sesuai dengan kewenangan.

"Kita tidak mengada-ngada, tidak menyerobot karena memang diatur dalam undang-undang. Bahwa 12 mil laut itu kewenangan provinsi dan 4 mil laut itu adalah kewenagan Kabupaten. Artinya kalau ada kapal yang bersandar di 12 mil laut, retribusinya harusnya ke kita," jelas Vahrial.

Oleh karenanya, pihak Dishub Provinsi Jambi telah membuat kajian akadmis terkait kewenagan tersebut hingga Pemprov bisa dapat mengelolah itu sendiri.

Baca juga: Pria di Batanghari Ini Kepergok Curi Sepeda Motor, Lari Dikejar, Tertangkap Dihajar Warga

"Karena kita untuk membuat retribusi itukan tentu ada Perda dan Pergub. Kita belum sampai ke sana, baru mau memulai. Sekarang sedang kajian akademis," sembunganya.

Untuk Jenis kapal pelabuhan yang akan dikelola oleh Dishub ini adalah kapal dengan kapasitas 7-300 dead weights tonnage (DWT). "Kalau kapal ukuran 7-300 DWT itu kewenangan Provinsi, diatas itu Kementrian, sementara dibawahnya kewenangan Kabupaten," Jelas Varial.

Sebelumnya Vahrial pernah menyebut , tiga pelabuhan di wilayah pesisir Timur Provinsi Jambi akan diambil alih dan dioptimalkan pengeolaanya oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

Baca juga: Ayu Ting Ting Tunda Liburan ke Korea , Rayakan Tahun Baru di Rumah, Bareng Keluarga & Calon Suami?

Ketiga pelabuhan Itu adalah Pelabuhan Muara Sabak, Pelabuhan Mendahara, dan Pelabuhan Nipah Panjang di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Penulis: Zulkipli
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved