Breaking News:

Berita Tanjabbar

Harga Cabai di Pasar Tanggo Rajo Ilir Kuala Tungkal Capai Rp 60 Ribu, Ibu Rumah Tangga Cari Siasat

Harga Cabai Rawit di Pasar Tanggo Rajo Ilir, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Senin (14/12/2020) mencapai Rp60 ribu per kilogram.

TRIBUNJAMBI/SAMSUL BAHRI
Harga Cabai Rawit di Pasar Tanggo Rajo Ilir, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Senin (14/12/2020) mencapai Rp60 ribu per kilogram. 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Harga Cabai Rawit di Pasar Tanggo Rajo Ilir, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Senin (14/12/2020) mencapai Rp60 ribu per kilogram.

Hal ini juga berimbang dengan harga cabai merah yang mencapai Rp 54 ribu perkilo gram. 

Kenaikan harga cabai ini dikatakan oleh pedagang memang sering terjadi ketika mendekati natal dan tahun baru. Hal ini sudah terjadi bertahun-tahun. Ini di ungkapkan oleh Suhaimi, pedagang cabai di Pasar Tanggo Rajo Ilir. 

"Sudah satu minggu ini lah naiknya. Minggu kemarin masih sekitar Rp35 sampai Rp40 ribu. Sudah itu mulai naik sampai hari ini jadi Rp54 ribu perkilo gram. Yang mahal itu cabai rawit, Rp60 ribu perkilo gram," katanya

Lebih lanjut disampaikan oleh Suhaimi kenaikan ini terjadi karena pasokan ke pedagang yang mulai berkurang. Sementara barang yang ada semakin hari kata Suhaimi harganya tidak stabil. Berkurangnya pasokan dikarenakan barang yang datang dari luar wilayah Tungkal banjir. 

Baca juga: Ditahan di Polda Metro Jaya, Rizieq Shihab Bakal Jalani Pemeriksaan Penyidik Polda Jawa Barat

Baca juga: Remehkan Covid-19,Wirda Mansur Ungkap Penyesalan :Kenapa Gua Nyesel,Karena Gua Lalai Pakai Masker

Baca juga: KPU Tanjabbar Klaim Angka Partisipasi Masyarakat Meningkat, Sebelumnya di Bawah 70 Persen

"Bulan lalu kan banyak banjir, jadi panen petani berkurang. Jadi pasokan ke kita juga berkurang, harga naik. Kalo barang datang dengan harga naik ya mau tidak mau lah kita naikkan juga," tambahnya

Sementara itu, Sri, ibu rumah tangga yang sering belanja ke Pasar Tanggo Raja Ilir juga mengeluhkan harga cabai yang tidak stabil. Kondisi harga yang tidak stabil ini membuat Sri harus pintar-pintar untuk membeli cabai. 

"Kita lihat dua minggu ini lah mulai naik. Ada kemarin turun paling turun Rp2 ribu. Jadi kita siasati beli sedikit-sedikit. Nanti kalo harganya lumayan turun baru kita beli satu atau dua kilo buat stok," ungkapnya

Di sisi lain, Sandi pedagang cabai di Pasar Tanggo Rajo Ilir mengaku tidak kaget dengan harga cabai yang merangkak naik. Menurutnya kondisi ini memang selalu terjadi, namun menurutnya harga saat ini juga terbilang masih murah. 

"Ini kisaran Rp60 untuk cabai masih murah lah. Di akhir tahun seperti ini. Kita berharap jangan naik lagi, karena dengan harga segini masyarakat sudah mulai sedikit kalo beli, paling banyak itu setengah kilo," pungkasnya.

(tribunjambi/samsul bahri)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Nani Rachmaini
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved