Breaking News:

Berita Jambi

Ciptakan Wirausaha Baru Untuk Ibu-ibu Muda, PW Fatayat NU Provinsi Jambi Gelar Pelatihan Menjahit

Pengurus Wilayah Fatayat NU Provinsi Jambi menggelar pelatihan menjahit. Guna memberikan pengetahuan dan skill bagi ibu-ibu muda

Penulis: Zulkipli | Editor: Rahimin
tribunjambi/zulkifli
Pengurus Wilayah Fatayat NU Provinsi Jambi menggelar pelatihan menjahit. Pelatihan ini diharapkan mampu menciptakan wirausaha baru dan tenaga kerja mandiri di tengah Pandemi Covid-19.  

Ciptakan Wirausaha Baru, PW Fatayat NU Provinsi Jambi Gelar Pelatihan Menjahit

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Guna memberikan pengetahuan dan skill bagi ibu-ibu muda di Provinsi Jambi, Pengurus Wilayah Fatayat NU Provinsi Jambi menggelar pelatihan menjahit.

Pelatihan ini diharapkan mampu menciptakan wirausaha baru dan tenaga kerja mandiri di tengah Pandemi Covid-19. 

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia yang dibuka secara resmi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jambi.

Baca juga: Batanghari Zona Merah Covid-19, Ini Cara Satgas Untuk Menekan Lonjakan Kasus Positif

Baca juga: Pangeran Justin di Serial Chandra Nandini Menikahi Kru TV Asal Indonesia

Baca juga: Adegan Ranjang Andin dan Al, Nasib Baik Elsa Gagal Dicerai Nino,Cek Sinopsis Ikatan Cinta Malam Ini

Ketua PW Fatayat NU Provinsi Jambi Sri Rahayu mengatakan, outfut dari kegiatan pelatihan menjahit ini adalah pertama memberikan pengetahuan dan skill kepada ibu-ibu muda anggota Fatayat NU untuk bisa menjadi tenaga kerja mandiri seperti yang diamanatkan Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

"Kedua, memberikan kesempatan kepada kader Fatayat dan ibu-ibu muda di Provinsi Jambi untuk mampu merebut peluang pasar yang hari ini ada, dan menjawab kebutuhan perempuan efek dari covid-19 ini," kata Sri Rahayu, Minggu (13/12/2020).

Pelatihan menjahit ini digelar selama 6 hari (12-17 Desember 2020). Diikuti sebanyak 20 peserta yang terdiri dari 10 kader Fatayat NU dan 10 peserta lainya dari ibu-ibu masyarakat biasa. Para peserta akan dilatih oleh instruktur dari Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Jambi.

"Materinya mulai dari teori pengenalan mesin, teori dan praktek mengambil ukuran badan, membuat pola, sampai praktek menjahit. Dan gol terakhirnya adalah selain peserta memiliki skill dan pengetahuan, peserta pulang dengan membawa baju karya mereka sendiri," ujarnya.

Pelatihan dilaksanakan secara gratis, semua biaya pelatihan, alat dan bahan menjahit dibiayai kementrian.

"Insyaallah continue. Ini perdana, nanti selanjutnya akan ada lagi pelatihan di Kabupaten lain," pungkasnya.

Baca juga: Siap-siap! CPNS 2021 Dibuka Maret 2021, Cek Formasi dan Dokumen yang Harus Disiapkan

Baca juga: Putri Delina Dituduh Nyolong Harta Teddy, Sule Bongkar Wasiat Lina Sebelum Wafat : Nggk Dijual

Baca juga: Download Lagu MP3 DJ Remix Full Bass Terbaru 2020, Ada Video DJ Breakbeat hingga DJ Tiktok Viral

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan, Penempatan dan Produktifitas Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jambi Candra Purnama menyebut kegiatan ini sangat membantu dinasnya dan masyarakat apalagi ditengah pandemi covid-19 ini. 

"Harapan kita ini dengan kegiatan ini bisa menciptakan wirausaha baru. Dengan ini kami sangat terbantu, apalagi selama ini anggaran kami banyak direfokusing," ujarnya.

Pihaknya juga akan mencoba melobi ke Kementrian untuk tambahan anggaran, supaya pelatihan seperti ini bisa dilaksanakan lebih banyak lagi. 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved