Breaking News:

Pilkada Tanjab Timur

TPS Unik di Tanjab Timur, Demam Aglonema Jadi Inspirasi untuk Hias Tempat Nyoblos

Demam Aglonema mewarnai kemeriahan Pilkada Serentak 2020, seperti yang dilakukan TPS 10 Kelurahan Parit Culum I dalam mendekor TPS mereka.

Tribun Jambi/Abdullah Usman
Demam Aglonema mewarnai kemeriahan Pilkada Serentak 2020, seperti yang dilakukan TPS 10 Kelurahan Parit Culum I dalam mendekor TPS mereka. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Demam Aglonema mewarnai kemeriahan Pilkada Serentak 2020, seperti yang dilakukan TPS 10 Kelurahan Parit Culum I dalam mendekor TPS mereka.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Tanjab Timur, selain menjadi tempat khusus pencoblosan dapat menambah minat masyarakat untuk menyoblos.

Dikatakan Ketua KPPS di TPS 10 Kelurahan Parit Culum I Zulkarnain, ketika dikonfirmasi Tribunjambi.com menuturkan, pihaknya sengaja melakukan dekorasi TPS selain untuk memeriahkan dan membedakan dengan TPS lainnya juga untuk menarik minat masyarakat agar antusias mencoblos.

" Ini memang sengaja kami rangkai seindah mungkin sehingga menjadi pembeda dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mencoblos," ujarnya.

Baca juga: UMKM di Jambi Ini Bisa Duplikasi Kunci Immobilizer, Pelanggan Hingga Dari Provinsi Tetangga

Baca juga: Jusuf Kalla Akui Tak Sejalan dengan Jokowi saat Pilgub DKI Jakarta, Tak Pilih Ahok Karena Hal Ini

Selain itu, tema yang diusung oleh TPS 10 ini mengangkat tema Demam Aglonema.

Sehingga pada sisi samping dan depan TPS turut dipajang dan diramaikan oleh aneka ragam tanaman keladi hias atau yang lebih dikenal dengan nama aglonema.

Demam Aglonema mewarnai kemeriahan Pilkada Serentak 2020, seperti yang dilakukan TPS 10 Kelurahan Parit Culum I dalam mendekor TPS mereka.
Demam Aglonema mewarnai kemeriahan Pilkada Serentak 2020, seperti yang dilakukan TPS 10 Kelurahan Parit Culum I dalam mendekor TPS mereka. (Tribun Jambi/Abdullah Usman)

Selain konsep tanaman, pihak TPS juga menampilkan tradisi lokal seperti adat masyarakat melayu.

Salah satunya dalam menggunakan kostum anggota KPPS mengenakan pakaian teluk belango dan sang wanita menggunakan pakaian pengantin wanita khas suku bugis.

" Jadi selain tanaman hias untuk mempercantik, kita juga tetap tampilkan kearifan lokal kita yakni adat melayu," ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya juga meminta izin kepada seluruh warga tanjabtim terutama suku bugis, kita menggunakan adat bugis (sulawesi) ini untuk mewakili keragaman suku dan budaya yang ada di Tanjung Jabung Timur.

" Alhamdulillah, di TPS 10 ini antusias masyarakat cukup baik hampir 80 persen lebih masyarakat sudah menyalurkan hak suara mereka," pungkasnya.

Pantauan Tribunjambi.com, tidak hanya di TPS 10 terdapat beberapa TPS lain yang juga menampilkan tampilan yang terbilang unik dan nyentrik.

Semisal pada TPS 10 di TPS tersebut pihak TPS sengaja menyediakan aneka ragam seduhan jamu gratis bagi para pencoblos.

Baca juga: Billy Syahputra Bikin Amanda Manopo Menangis, Kenapa Gue Ada di Videotron Itu

Baca juga: Penyebab Melisha Sidabutar Meninggal Dunia, Saat Audisi Indonesian Idol 2021 Tunjukan Firasat Ini

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Edmundus Duanto AS
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved